Kredit Pegadaian Naik 30 Persen

Written By Unknown on Selasa, 16 September 2014 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, Pristiqa Ayun

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pertumbuhan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Yogyakarta yang semakin tinggi, membuat PT Pegadaian (Persero) mengalami kenaikan di sektor pembiayaan mikro sebesar 30 persen. Selain itu, sektor UMKM di Yogyakarta juga sudah bisa dibilang sebagai salah satu penopang perekonomian.

Deputi Pemimpin Wilayah Bidang Bisnis PT Pegadaian (Persero) Area Yogyakarta Anna Savitri mengatakan hingga Agustus 2014, Pegadaian sudah mengucurkan kredit sekitar Rp6 miliar. Jumlah ini naik 30 persen dibandingkan kucuran kredit yang digelontorkan Pegadaian tahun lalu.

"Rata-rata besaran kredit yang kami kucurkan jumlahnya antara Rp3 juta hingga Rp100 juta. Tergantung skala usaha dan jenis jaminan yang diberikan," ujar Anna kemarin.

Dijelaskannya, pengajuan kredit di Pegadaian tak memerlukan waktu lama untuk pencairannya alias hanya tiga hari. Kredit akan dicairkan setelah melewati proses survei.

"Jaminan untuk bisa mengajukan kredit di Pegadaian tidaklah sulit. Bisa memakai jaminan BPKB motor atau mobil. Sedangkan sewa modal bunganya hanya satu persen flat per bulan," jelas Anna.

Pembiayaan sektor mikro adalah salah satu sektor bisnis yang sedang ditekuni Pegadaian. Mengingat, pertumbuhan usaha mikro di Yogyakarta semakin berkembang pesat walaupun produk gadai masih menjadi korbisnis utama Pegadaian.

Untuk sektor pembiayaan mikro, Pegadaian memiliki dua macam jenis pembiayaan yakni pembiayaan kredit di Pegadaian Konvensional dan Arrum untuk pembiayaan kredit di Pegadaian Syariah.

"Kami sebenarnya tidak bermaksud membedakan, tapi saat ini tren syariah juga sedang naik daun. Jadi kami juga coba menawarkan hal tersebut. Tetapi yang penting ini sesuai dengan visi dan misi Pegadaian saat ini, yaitu solusi bisnis terpadu," tuturnya.

Anna berharap tahun depan pertumbuhan pembiayaan mikro bisa mencapai 50 persen. Ia optimistis bisa mencapai angka tersebut. Terlebih lagi di tahun ini, pertumbuhan pembiayaan sektor mikro sebesar 30 persen sudah melampui target. Diprekdisi hingga akhir tahun, bisa mencapai 120 persen dari target.

Meningkatkan target tersebut, Pegadaian pun mengadakan sebuah seminar kewirausahaan bagi para pelaku UMKM yang ada di Yogyakarta. Seminar diharapkan mampu meningkatkan kreativitas dan produktivitas para pelaku UMKM di Yogyakarta.

"Selain itu, seminar ini juga diharapkan dapat meningkatkan minat para pelaku usaha untuk menjadikan produk pembiayaan sektor mikro di Pegadaian sebagai alternatif," tutup Anna. (tribunjogja.com)


Anda sedang membaca artikel tentang

Kredit Pegadaian Naik 30 Persen

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2014/09/kredit-pegadaian-naik-30-persen.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kredit Pegadaian Naik 30 Persen

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kredit Pegadaian Naik 30 Persen

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger