Rumah Zakat Gelar Gerakan Indonesia Berzakat

Written By Unknown on Selasa, 08 Juli 2014 | 11.22

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Setelah sukses menghelat Gerakan Indonesia Berzakat (Grab) di Kota Bandung, Rumah Zakat (RZ) kembali menggelar Grab di Bekasi. Bertempat di Islamic Center Bekasi Jl. Ahmad Yani No. 22 Kota Bekasi, acara ini Dihadiri oleh Unit Pelayanan Zakat (UPZ) perusahaan, Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sodakoh (Lazis) Masjid, yayasan, serta Baitul Mal wa Tanwil (BMT) di sekitar Kota Bekasi dan Cikarang. Turut hadir dalam acara ini Wakil Walikota Bekasi dan RZ Strategic Relationship Division Head.

Strategis Relationship Division Head, Irvan Nugraha mengatakan kegiatan ini berawal dari potensi zakat yang cukup besar yaitu Rp 217 triliun, tentunya dengan kondisi RZ saat ini serta mengukur dari potensi itu diperlukan kerjasama dengan lembaga-lembaga lain yang tersebar di wilayah-wilayah Indonesia. Tantangannya adalah bahwa lembaga-lembaga zakat saat ini terkait dengan kepercayaan dan kemudahan serta disiplin dalam mengelola lembaga zakat itu sendiri.

"Jadi, kami mengadakan acara ini untuk berbagi mengenail ilmu dan pengalaman yang sudah dijalankan oleh RZ selama 16 tahun ini terlebih dengan adanya Undang-undang zakat terbaru yang mengharuskan lembaga zakat itu terakreditasi ataupun berizin dari Kementrian Agama dan BAZNAS. Maka, lembaga-lembaga zakat harus disiapkan untuk lebih profesional dan siap diberikan izin untuk mendirikan lembaga zakat. Oleh karena itu, RZ kembali menggelar Gerakan Indonesia Berzakat di Kota Bekasi setelah sebelumnya menggelar Grab di Kota Bandung," tutur dia, dalam siara resminya, Selasa (8/7/2014).

Menilik pada potensi Zakat di Indonesia yang mencapai RP. 217 triliun, namun baru terserap dan dikelola oleh lembaga amil zakat sebesar Rp. 2, 37 triiliun atau sekitar 1% maka gerakan-gerakan seperti ini menjadi alternatif terbaru dalam mengembangkan lembaga-lembaga zakat di Indonesia.

"Gerakan Indonesia Berzakat ini sangat bagus, melalui talkshow Grab ini, kita bisa mempelajari bagaimana mendirikan lembaga zakat dan peraturan perundang-undangan tentang zakat itu sendiri," katanya.

Ia berujar semoga di Kota Bekasi ini ataupun di daerah-daerah lain lembaga-lembaga zakat bisa berkembang lebih baik lagi, sedangkan di Indonesia ini banyak orang-orang yang sudah benar-benar peduli akan zakat tapi belum banyak lembaga-lembaga yang mengelolanya.

"Jadi, semoga kedepannya lembaga-lembaga zakat berkembang lebih baik lagi, semakin banyak dan lebih banyak lagi menyalurkan zakat kepada yang membutuhkan," ujar Ramdani, salah seorang Relawan Rumah Zakat. 


Anda sedang membaca artikel tentang

Rumah Zakat Gelar Gerakan Indonesia Berzakat

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2014/07/rumah-zakat-gelar-gerakan-indonesia.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Rumah Zakat Gelar Gerakan Indonesia Berzakat

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Rumah Zakat Gelar Gerakan Indonesia Berzakat

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger