Distribusi Logistik Sudah 100 Persen

Written By Unknown on Selasa, 08 Juli 2014 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, M Nur Huda

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyatakan, distribusi logistik Pilpres sudah hampir 100 persen. Surat suara juga telah didistribusikan ke setiap kecamatan. Dan pada Selasa (8/7) sore akan sampai di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Komisioner KPU DIY Divisi Umum, Logistik, Keuangan, dan Rumah Tangga, Guno Tri Tjahjoko mengatakan, seluruh logistik berupa surat suara, tinta pemilu, sampul, segel, dan alat kelengkapan TPS sudah selesai distribusi oleh KPU Kabupaten dan Kota.

"100 persen sudah masuk ke Kabupaten dan Kota dan sudah terdistribusi ke kecamatan. Berdasarkan SK KPU nomor 506, DPT DIY ada 2.754.178. Maka surat suara juga sejumlah sekian ditambah dua persen," katanya, Snein (7/7).

DPT Kulonprogo ada sebanyak 335.897 ditambah cadangan 2 persen menjadi 343.097. DPT Bantul ada sebanyak 718.959, ditambah cadangan 2 persen menjadi 734.472. Gunungkidul ada 597.589, ditambah cadangan menjadi 610.466. Sleman ada 789.550, ditambah cadangan menjadi 806.076. Kota Yogya ada 310.280, ditambah cadangan menjadi 316.881.

Sedangkan untuk surat suara template (untuk disabilitas), terdapat di seluruh TPS se DIY sebanyak 8.354 template. Setiap TPS terdapat 1 template.

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan, Nur Huri Mustofa mengatakan, untuk mengantisipasi adanya kekurangan surat suara, KPU membuat mekanisme. Jika di 1 TPS ternyata tingkat partisipasinya mencapai 100 persen, ditambah Daftar Pemilih Khusus (DPK), dan pemilih tambahan, ternyata masih kurang, maka pemilih akan dialihkan ke TPS lain terdekat.

KPU juga telah menyiapkan TPS khusus di sejumlah rumah sakit. Di Kota Yogyakarta berada di PKU Muhammadiyah, RS Bethesda, RS Panti Rapih. Di Sleman, ada di RSUP Dr Sardjito (2 TPS), JIH, RSJ Grhasia. Di Bantul, RSUD Panembahan Senopati dan PKU Muhammadiyah. Kulonprogo, di RSUD Wates.

"Penentuan TPS khusus itu sesuai hasil koordinasi dengan pihak rumah sakit melihat jumlah pasien rawat inap perharinya. Sedangkan untuk rumah sakit lainnya, akan ditampung pada TPS terdekat," katanya.

Kemudian untuk di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) atau Rumah Tahanan (Rutan) juga akan ada TPS khusus. Antaralain di Sleman terdapat di Lapas Cebongan dan Lapas Narkotika Pakem, di Kota Yogya ada di Wirogunan. Di Bantul ada di Rutan Pajangan, di Kulonprogo berada di Rutan Wates. Di Gunungkidul ada di Rutan Wonosari.

"Sedangkan untuk pemilih yang ada di tahanan Polsek maupun Polres akan ditopang oleh TPS terdekat," katanya.

Adapun untuk surat suara yang rusak saat penyortiran lalu, akan dimusnahkan pada H-1 hari ini oleh KPU Kabupaten dan Kota. Hal itu untuk memastikan bahwa saat pemungutan suara tidak ada surat suara tersisa di gudang.

"Jadi agar tidak ada dugaan penimbunan dari para tim pemenangan capres-cawapres. Karena sudah dimusnahkan," katanya.(had)


Anda sedang membaca artikel tentang

Distribusi Logistik Sudah 100 Persen

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2014/07/distribusi-logistik-sudah-100-persen.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Distribusi Logistik Sudah 100 Persen

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Distribusi Logistik Sudah 100 Persen

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger