Sekolah Juga Dapat Kucuran Danais

Written By Unknown on Rabu, 25 Juni 2014 | 11.22

Laporan Niti Bayu Indrakrista

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - KUCURAN Dana Keistimewaan (Danais) ikut dimanfaatkan sekolah-sekolah di DIY untuk menunjang kegiatan yang terkait penguatan kebudayaan. Sejumlah sekolah menggunakan dana itu untuk sektor-sektor yang memerlukan biaya besar.

SMK Bopkri 2 Yogyakarta, misalnya, mengadakan dua kegiatan pada masa liburan sekolah menggunakan danais. Kedua kegiatan itu adalah pelatihan tata rias dan busana tradisional Yogyakarta serta pelatihan membatik.

Kepala SMK Bopkri 2 Yogyakarta Kristiana Tri Wulan mengatakan, pihaknya memilih dua kegiatan tersebut dari sejumlah tawaran yang diberikan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY. "Kami juga sudah ajukan proposal saat termin pertama tahun lalu, tapi tidak lolos," kata Wulan saat ditemui Tribun Jogja di SMK Bopkri 2 Yogyakarta, Bintaran, Yogyakarta, Selasa (24/6) siang.

Wulan melanjutkan, sebenarnya pihaknya juga ingin menggunakan dana tersebut untuk mengadakan sejumlah fasilitas lain yang berhubungan dengan kebudayaan. Misalnya untuk keperluan membatik, saat ini di sekolah tersebut sudah ada sejumlah alat untuk menciptakan kreasi batik tulis.

Namun mereka masih belum memiliki kolam pewarnaan yang digunakan untuk menyempurnakan proses tersebut. "Mungkin bisa saja kami ajukan dengan danais, tapi di sini tidak ada ruang untuk menampung alat itu," ujarnya.

Begitu pula untuk pengadaan perangkat gamelan yang juga memerlukan banyak ruang. Selain itu pihaknya tidak mengajukan permohonan karena khawatir alat musik tradisional tersebut nantinya mangkrak lantaran tidak ada sumber daya manusia yang menguasai dan rendahnya minat para siswa.

Terpisah, Kepala SMAN 9 Yogyakarta Maman Surakhman mengatakan, hingga kini pihaknya belum mengajukan proposal danais, meski sudah sampai tahap perencanaan. SMAN 9 Yogyakarta sendiri beberapa bulan lalu mencanangkan diri sebagai sekolah berbasis budaya.

Menurut Maman, selama ini basis kebudayaan tersebut ditunjang dengan dana anggaran pendapatan dan belanja sekolah. "Jika ada danais, tentu kami bisa mengadakan kegiatan kebudayaan secara lebih optimal," kata Maman saat ditemui Tribun Jogja di SMAN 9 Yogyakarta, Sagan, Yogyakarta.

Ia merencanakan akan mengajukan proposal di antaranya untuk mengadakan ruang pamer karya seni siswa. Maman mengatakan, pihaknya harus berhati-hati menyusun penganggaran tersebut, agar tidak terjadi tumpang tindih akibat bertambahnya sumber pendapatan. (Tribunjogja.com)


Anda sedang membaca artikel tentang

Sekolah Juga Dapat Kucuran Danais

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2014/06/sekolah-juga-dapat-kucuran-danais.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Sekolah Juga Dapat Kucuran Danais

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Sekolah Juga Dapat Kucuran Danais

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger