Kemenag Pantau Hilal Jumat Besok

Written By Unknown on Rabu, 25 Juni 2014 | 11.22

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Untuk menentukan awal Ramadan 1435 Hijriah, Kementrian Agama (Kemenag) Kota Yogyakarta akan menggelar rukyatul hilal di bukit Syekh Belabelu, Parangtritis, Bantul, Jumat (27/6/2014). Hasil rukyatul hilal itu nantinya akan disampaikan ke Kantor Kemenag DIY untuk dilaporkan ke sidang isbat di Kementrian Agama.

Kepala Kantor Kemenag Kota Yogyakarta, Sigit Warsita menyebutkan pemantauan hilal di DIY akan dilakukan di dua tempat berbeda. Untuk Kota Yogyakarta dan Bantul akan dilaksanakan di bukit Syekh Belabelu. Sedangkan untuk Sleman dan Gunung Kidul, menurut Sigit akan digelar di bukit Branjang, selatan Pathuk Gunungkidul.

"Nantinya hasilnya (rukyatul hilal, Red) akan disampaikan ke Kemenag DIY. Hasil tersebut akan dilaporkan ke sidang isbat di kementrian," jelas Sigit Warsita, Selasa (24/6).

Untuk memantau hilal, pihaknya menyiapkan sejumlah peralatan modern dan canggih. Ada sekitar 10 petugas yang akan diterjunkan untuk melakukan pengamatan. Petugas pemantau juga sudah memiliki kualifikasi dan pengetahuan untuk melakukan pengamatan. Mereka, imbuh Sigit, sudah diambil sumpahnya.

Meski demikian, Sigit Warsita menjelaskan kemungkinan hilal akan terlihat sangat kecil. Ia memperkirakan tinggi hilal pada Jumat (27/6) belum akan mencapai lebih dari dua derajat. "Hilal masih tipis, namun pengamatan harus tetap dilakukan," jelasnya.

Diperkirakan awal bulan Ramadan tahun ini akan kembali berbeda. Menanggapi hal tersebut Sigit berharap masyarakat tidak mempersoalkan dan tetap menghargai perbedaan yang ada.

Sebelumnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) DIY menetapkan 1 Ramadan 1435 H akan jatuh pada 28 Juni 2014.

Sementara itu, Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY Tony Agus Wijaya memprediksi, kemungkinan besar akhir pekan besok wilayah DIY akan berawan. Dimungkinkan pengamatan hilal terganggu cuaca.

"Pada saat ini sudah memasuki musim kemarau, namun potensi berawan masih bisa terjadi dan biasanya akan terjadi pada sore hari. Untuk akhir pekan nanti diprediksi akan berawan," jelas Tony.

Menurutnya kondisi cuaca yang ada saat ini sangat dinamis dan bisa berubah sewaktu-waktu. Gangguan cuaca jangka pendek juga kemungkinan besar masih bisa terjadi.

"Mudah-mudahan menjelang matahari tenggelam bisa cerah. Karena cuaca di Indonesia saat ini dinamis dan mudah berubah," jelas Tony. (Tribunjogja.com)


Anda sedang membaca artikel tentang

Kemenag Pantau Hilal Jumat Besok

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2014/06/kemenag-pantau-hilal-jumat-besok.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kemenag Pantau Hilal Jumat Besok

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kemenag Pantau Hilal Jumat Besok

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger