Butet Kartaredjasa Gagal Golput Demi Jokowi

Written By Unknown on Selasa, 17 Juni 2014 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, M Nur Huda

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Pemain teater dan pelawak Butet Kartaredjasa, dalam Pemilu Presiden (Pilpres) 2014 ini terpaksa berhenti Golput. Ia beralasan, tidak ingin tertinggal dengan gegap gempita pesta demokrasi 5 tahunan ini. Selain itu, kebiasaan golput tersebut terpaksa ditinggalkan demi mendukung pasangan Jokowi-JK.

"Saya sependapat dengan mas Anies Baswedan, bukan sekadar karena faktor Jokowi, tapi karena situasi. Saya tidak bisa membayangkan jika capres 'sebelah' menjadi Presiden, kemudian nantinya melantik seorang Panglima TNI, sementara dia sendiri kan diberhentikan (dari ABRI/TNI)," kata Butet, Senin (16/6).

Menurutnya, ada kepentingan yang lebih besar keputusannya untuk memeriahkan Pilpres 2014 dan melakukan dukungan ke Jokowi-JK. Kepentingan masa depan bangsa berupa kebhinekaan dan pluralisme serta kepemimpinan Jokowi, menjadi alasan utama dirinya mendukung mantan Wali Kota Solo tersebut.

"Misalnya yang maju bukan Jokowi ya harus dibela jika melawan capres sebelah. Negara ini harus dicegah dari pola pikir akal yang tidak sehat. Apalagi kita tahu pendukung mereka juga banyak bermasalah, mulai lumpur Lapindo, dana haji, kasus sapi, itu yang perlu dipahami," katanya.

Ia mengaku, dalam gelaran Pemilu beberapa tahun ini, dirinya memang mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS). Namun dari sejumlah nama calon, ia mencoblos semua kolom calon. Sikap menggagalkan niatan golput untuk tahun ini semata-mata demi persoalan ideologi.

"Kemarin memang golput tapi golput aktif, sebab dicoblos semua. Tapi ini hari saya harus memilih satu yang signifikan. Tidak ada alasan lain, hanya demi bangsa Indonesia," ujarnya.

Pada 24 Juni 2014 mendatang, dirinya bersama sejumlah seniman Yogyakarta dan sejumlah budayawan seperti Mohammad Shobari, Slamet Rahardjo, Goenawan Mohammad, dan lainnya, akan menggelar deklarasi 'seniman anti golput' di Pasar Ngasem.

"Jadi yang kita fasilitasi adalah orang-orang yang tidak berpartai. Ini ingin menunjukkan kekuatan tersembunyi kelompok masyarakat non partai demi menyelamatkan negeri ini," katanya.(had)


Anda sedang membaca artikel tentang

Butet Kartaredjasa Gagal Golput Demi Jokowi

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2014/06/butet-kartaredjasa-gagal-golput-demi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Butet Kartaredjasa Gagal Golput Demi Jokowi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Butet Kartaredjasa Gagal Golput Demi Jokowi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger