Soal USBN SD Langsung Masuk Subrayon

Written By Unknown on Minggu, 18 Mei 2014 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, Niti Bayu Indrakrista

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Soal dan lembar jawab Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) SD dan sederajat 2014 tidak mampir ke gudang milik Disdikpora DIY. Seluruh soal dan lembar jawaban tersebut langsung didistribusikan ke tingkat subrayon, Sabtu (17/5) pagi.

Soal dan lembar jawab yang dicetak di Klaten, Jawa Tengah itu hanya mampir di kantor Dinas Dikpora DIY, Jl Cendana, Yogyakarta, untuk seremoni pelepasan ke tingkat simpan berikutnya. "Pengepakan sudah dilakukan di percetakan. Soal dan lembar jawab langsung diantar ke subrayon," kata Kepala Dinas Dikpora DIY, Baskara Aji saat sela seremoni pelepasan soal dan lembar jawab USBN, Sabtu (17/5/2014).

Distribusi soal dilakukan menggunakan enam armada untuk SD dan MI, satu armada untuk Program Kejar Paket A, serta delapan USBN Pendidikan Agama. Terdapat total 68 subrayon di seluruh wilayah DIY, ditambah masing-masing satu kelompok kerja untuk setiap kabupaten/kota bagi Program US Kejar Paket A.

Pengawasan proses tersebut dilakukan oleh petugas dari Dinas Dikpora DIY serta Kanwil Kementerian Agama RI. Sementara pengawasan dilakukan oleh petugas dari Polda DIY.

Sebagian besar soal USBN dibuat oleh daerah, yaitu sebesar 75 persen dari keseluruhan soal. Sementara 25 persen sisanya dibuat oleh pusat. Menurut Baskara, sebagian soal dibuat oleh pusat bertujuan sebagai sarana pemetaan pendidikan secara nasional.

Ujian Sekolah tingkat SD di DIY diikuti oleh 50.055 peserta dari 1.988 sekolah dan madrasah. Terdapat 18 peserta ujian penyandang low vision, serta lima peserta tunanetra. Untuk para siswa tersebut, kata Aji, disediakan soal dan lembar jawab khusus.

"Total ada 51 peserta didik dari 17 SD Luar Biasa, baik negeri maupun swasta," katanya. Aji juga mencatat, terdapat 44.248 peserta didik yang akan mengikuti ujian mata pelajaran agama.

US untuk tingkat SD akan diselenggarakan pada Senin (19/5) hingga Rabu (21/5). Sebanyak tiga mata pelajaran diujikan, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). (Tribunjogja.com)


Anda sedang membaca artikel tentang

Soal USBN SD Langsung Masuk Subrayon

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2014/05/soal-usbn-sd-langsung-masuk-subrayon.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Soal USBN SD Langsung Masuk Subrayon

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Soal USBN SD Langsung Masuk Subrayon

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger