Bank Indonesia Musnahkan 500 Ribu Lembar Uang Per Hari

Written By Unknown on Kamis, 24 April 2014 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, Pristiqa Ayun Wirastami

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kurang lebih 500ribu lembar uang tak layak yang beredar di Yogyakarta dimusnahkan oleh Bank Indonesia (BI). Hal ini sesuai dengan salah satu tugas BI yang berupaya menjaga keseimbangan uang layak yang beredar di masyarakat. Sesuai data dari BI, tahun 2013 yang lalu, BI memusnahkan kurang lebih 203 miliar uang tak layak per bulan. Sedangkan pada tahun 2014 ini mengalami penurunan, yaitu hanya 115 miliar per bulan.

Menurut Arief Budi Santoso selaku Kepala Kantor Perwakilan BI DIY, tingkat kelusuhan uang di Yogyakarta tergolong rendah. Sehingga dari tahun ke tahun mengalami penurunan jumlah uang tak layak yang dimusnahkan.

"Daerah yang tingkat kelusuhan uangnya paling tinggi ada di daerah pesisir. Sedangkan untuk di Yogyakarta sendiri masih baik," jelas Arief kepada wartawan, Rabu (23/4).

Hal ini, lanjut dia, tergantung pada sikap masyarakat dalam memperlakukan uang. Masyarakat harus bisa menjaga uang yang mereka punyai dengan baik. "Uang yang distepeler dan ada coretannya sudah merupakan uang tak layak bagi kami," lanjut Arief.

Arief pun menuturkan bahwa masyarakat bisa menukarkan uang mereka ke BI berapapun jumlah yang dimiliki. Selama ini, BI sudah melayani penukaran uang dari masyarakat setiap hari Senin hingga Kamis.

Dengan banyaknya jumlah uang yang dimusnahkan, maka limbah yang dihasilakan pun cukup banyak pula. Rata-rata per harinya, BI menghasilkan limbah hasil pemusnahan uang sebanyak 10 karung ukuran 50 kilogram. Namun dari limbah tersebut, BI menawarkan bagi seluruh UKM yang ada di Yogyakarta bisa mengolah limbah-limbah tersebut menjadi sebuah kerajinan. Saat ini BI sudah menggandeng beberapa UKM untuk membuat souvenir BI yang bahannya dari limbah hasil pemusnahan uang tak layak.

"Ini sebagai upaya BI untuk memanfaatkan limbah hasil pemusnahan uang tak layak agar tidak terbuang begitu saja," tukas Arief. (tiq)

Skandal Kuliner Terkait
Disegel, Bakpia Tidak Asli Jadi Buronan di Malaysia


Anda sedang membaca artikel tentang

Bank Indonesia Musnahkan 500 Ribu Lembar Uang Per Hari

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2014/04/bank-indonesia-musnahkan-500-ribu.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Bank Indonesia Musnahkan 500 Ribu Lembar Uang Per Hari

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Bank Indonesia Musnahkan 500 Ribu Lembar Uang Per Hari

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger