Bantul Wacanakan Pemisahan Dinas Kebudayaan dari Disbudpar

Written By Unknown on Sabtu, 18 Januari 2014 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, M Nur Huda

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul berencana untuk memisahkan Dinas Kebudayaan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar). Namun hal itu baru akan direalisasikan setelah adanya kepastian pendanaan dari Pemerintah Provinsi DIY. Lantaran untuk membentuk dinas baru, tentu saja membutuhkan biaya.

Kepala Bagian Organisasi Pemkab Bantul, Isah Budi Hartono mengungkapkan, Pemkab tidak akan serta merta langsung memisah kebudayaan dari struktur organisasi Disbudpar tanpa ada jaminan dari Pemda DIY mengenai pembiayaan operasional dinas.

"Sama juga bohong kalau nanti kami sudah membentuk dinas baru tetapi sumber dananya tidak ada," ujar Isah, Jumat (17/1/2014).

Namun jika memang Pemprov menghendakinya, pihaknya memastikan Pemkab Bantul siap melaksanakan dengan jaminan pembiayaan dilakukan oleh Pemprov melalui Dana Keistimewaan (Danais) disertai kesepakatan hitam di atas putih.

"Saya menunggu selembar surat yang memastikan hal tersebut," tegas Isah.

Bupati Bantul, Sri Suryawidati mengaku tidak akan melaksanakan pemisahan Dinas Kebudayaan dari Disbudpar dalam waktu dekat ini. Paling tidak kebijakan tersebut akan dilakukan minimal tahun 2015 atau di masa kepemimpinan anggota DPRD yang baru.

Menurut Bupati, pembentukan dinas yang baru harus melalui kajian berbagai aspek. Selain itu harus dilandasi peraturan berupa Peraturan Daerah (Perda). Padahal proses Perda membutuhkan waktu yang cukup lama.

"Belum sekarang. Itu kan baru wacana perlu kajian yang jelas," ungkap Ida.

Kepala Disbudpar Bantul, Bambang Legowo mengatakan, pihaknya telah menerima surat tembusan dari Sekda DIY yang berisi agar pemda tingkat II membentuk Dinas Kebudayaan sendiri agar bisa lebih fokus dalam kebudayaan.

"Saya juga sudah menyampaikan ke Sekda Bantul, namun reaksinya belum tahu, intinya kalau saya sebagai orang teknis 'manut' (nurut) saja, mungkin juga kaitannya dengan kebudayaan itu konon akan lebih pas dalam pengelolaannya kalau disendirikan," katanya.(TRIBUNJOGJA.COM)


Anda sedang membaca artikel tentang

Bantul Wacanakan Pemisahan Dinas Kebudayaan dari Disbudpar

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2014/01/bantul-wacanakan-pemisahan-dinas.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Bantul Wacanakan Pemisahan Dinas Kebudayaan dari Disbudpar

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Bantul Wacanakan Pemisahan Dinas Kebudayaan dari Disbudpar

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger