Sindikat Penjahat Dunia Maya Nigeria Beraksi di Indonesia

Written By Unknown on Sabtu, 18 Januari 2014 | 11.22

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Adi Suhendi

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Sindikat penipuan di dunia maya dan peretas email asal Nigeria masih aktif melakukan aksi kejahatannya di Indonesia. Hal tersebut terbukti dengan ditangkapnya seorang anggota sindikat tersebut saat mengambil uang hasil kejahatan di sebuah bank di Jakarta, Jumat (17/1/2014) sekitar pukul 09.00 WIB.

"Kami kembali menangkap satu tersangka lagi dan satu tersangka lainnya masih dalam pengejaran. Ini masih satu kelompok dengan kelompok Nigeria yang kami tangkap sebelumnya," kata Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri Brigjen Pol Arief Sulistyanto di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (17/1/2014).

Tetapi Arief enggan memberikan identitas pelakunya dengan alasan kepentingan penyidikan.

"Modusnya sama email hijacking, ditangkap saat akan melakukan penarikan hasil kejahatan di salah satu bank. Pagi pukul 09.00 WIB, kami masih menunggu perkembangan di lapangan," ungkapnya kemarin.

Dengan penangkapan tersebut membuktikan bahwa kelompok ini masih menjadikan Indonesia sebagai tempat untuk operasi sindikat Nigeria dalam melakukan kejahan di dunia maya.

"Ini membuktikan kelompok ini eksis di Indonesia," ucapnya.

Selain itu, kepolisian menemukan bukti bahwa orang-orang Nigeria yang sebelumnya dilepaskan setelah ditangkap pada November 2013 lalu terlibat dalam kejahatan dunia maya.

"Kami sudah mendapat pengembangan bukti-bukti dan bisa dibuktikan bagi mereka yang saat itu belum terbukti, terbukti sekarang," katanya.

Sebelumnya Bareskrim Polri mengamankan 25 orang Warga Nigeria di Apartemen yang terletak di kawasan Kelapa Gading Jakarta Utara, Jumat (1/11/2014). Dari 25 orang Nigeria tersebut satu sudah ditahan terkait kejahat pembajakan email perusahan PT Citra Logam Alfa Sejahtera yang berada di Indonesia dan PT Mitalichimik yang terletak di Belgia. Akibat kejahatan kelompok Nigeria ini perusahaan merugikan Rp 14 miliar.

Dari 25 warga nigeria dan tiga perempuan WNI, satu orang atas nama Chibuko Chinoso Papson ditahan terkait kejahatan cyber, sementara tiga perempuan WNI belum ada unsur keterlibatan dalam kejahatan tersebut,

16 orang tidak dilakukan penahanan tapi tetap diawasi kepolisian sambil menunggu hasil pemeriksaan laboratorium digital forensik.

Kemudian 8 orang diserahkan ke Imigrasi karena sudah melewati batas waktu tinggal di Indonesia

Dalam pengungkapan tersebut kepolisian mengamankan 85 handphone, 23 laptop, 61 sim card, 10 hard disk, empat kamera digital, 19 modem, lma compact disc, dan empat multi media card.(*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Sindikat Penjahat Dunia Maya Nigeria Beraksi di Indonesia

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2014/01/sindikat-penjahat-dunia-maya-nigeria.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Sindikat Penjahat Dunia Maya Nigeria Beraksi di Indonesia

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Sindikat Penjahat Dunia Maya Nigeria Beraksi di Indonesia

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger