Tahun Baru di Bantul Mulai dari Pentas Seni Sampai Kembang Api

Written By Unknown on Selasa, 31 Desember 2013 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, M Nur Huda

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL – Pada malam pergantian tahun baru 2014, Selasa (31/12/2013) malam, terdapat sejumlah tempat yang dapat menjadi rujukan bagi wisatawan yang ingin melewatkan malam di wilayah Kabupaten Bantul, terutama pentas seni dan pesta kembang api.

Pemerintah Daerah maupun pihak swasta telah menyiapkan berbagai agenda di tempat-tempat yang biasa menjadi obyek berkumpulnya masyarakat di lokasi wisata. 

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Bambang Legowo mengatakan, pemerintah telah menyiapkan sejumlah hiburan seni budaya di malam pergantian tahun tersebut, antaralain pentas campursari di Joglo Pantai Parangtritis dan Joglo Pantai Goa Cemara. Di Pantai Kwaru terdapat pentas musik dangdut semalam suntuk.

Selanjutnya, di Desa Wonokromo, Kecamatan Pleret, Bantul, terdapat kirab budaya dan tradisi peringatan Rebo Wekasan atau rebo Pungkasan. Selain itu, Kepolisian Resor (Polres) Bantul juga telah memeroleh sejumlah pengajuan izin keramaian di berbagai tempat pada malam tahun baru.

Setidaknya ada lima titik utama yang menjadi prioritas titik masyarakat. Di antaranya Jogja Expo center (JEC), Pasar Seni Gabusan (PSG), Parasamya bantul, Desa Wisata Kasongan, Pantai Parangtritis dan Bukit Bintang.

Kapolres Bantul, AKBP Surawan mengatakan, keramaian tersebut rata-rata berupa pentas seni berbentuk parade band, pentas musik dangdut, dan pesta kembang api. "Kami kerahkan semua mobil patroli. Setidaknya 615 personil kami siagakan," katanya.

Rekayasa Jalur Lalulintas Mengantisipasi kepadatan arus lalulintas, Polisi bekerjasama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) akan memberlakukan arus satu arah di kawasan Pantai Parangtritis mulai sore. Kemudian juga akan menerapkan sistem buka tutup di Jalan Wonosari, tepatnya di pertigaan Piyungan hingga Bukit Bintang.

Surawan mengungkapkan, pihaknya telah mendata wilayah-wilayah yang diperkirakan bakal terjadi penumpukan kendaraan. Kawasan Pantai Parangtritis masih menjadi tujuan utama melewatkan malam tahun baru, dan Bukit Bintang menjadi lokasi berkumpulnya masyarakat yang ingin menyaksikan pesta kembang api wilayah DIY dari ketinggian.

"Lokasi Bukit Bintang memang bagus, sayang ada di pinggir jalan utama. Hampir setiap tahun selalu macet. Makanya kami akan lihat eskalasi lalulintas, kalau padat nanti buka tutup," ujar Surawan.

Namun demikian, pihaknya tidak akan melarang aksi konvoi selama dilakukan dengan tertib. Tapi pihaknya melarang masyarakat menumpang mobil bak terbuka untuk menghindari kecelakaan menyerupai kasus di
Probolinggo.

Ia menambahkan, masyarakat juga harus tetap waspada terhadap aksi kriminalitas di jalan raya. Sebab jelang pergantian tahun kriminalitas justeru grafiknya mengalami peningkatan, seperti aksi pencurian dan perampasan yang biasanya mengancam pengguna kendaraan roda dua.

"Penjahat spesialisi pecah ban juga harus diwaspadai. Jangan tinggalkan barang berharga di mobil," katanya.

Kanit Laka lantas Polres Bantul Iptu Lendra Ambarsari menambahkan, dari pantauan yang dilakukan sejak 10 hari terakhir, arus lalu lintas terus mengalami peningkatan. Hal itu juga disusul dengan adanya peristiwa kecelakaan lalulintas.

"Selama operasi lilin dilaksanakan sudah ada tujuh kecelakaan dengan korban meninggal dunia dua orang, luka berat satu orang dan luka ringan 10 orang," katanya.

Kepala Dishub Bantul, Eddy Susanto menghimbau pada masyarakat yang membunyikan petasan maupun kembang api agar tidak berdekatan dengan lampu penerangan umum maupun lampu rambu lalulintas.

Sebab, lanjutnya, pada tahun sebelumnya terdapat ratusan lampu penerangan jalan dan rambu lalulintas yang pecah akibat petasan.(*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Tahun Baru di Bantul Mulai dari Pentas Seni Sampai Kembang Api

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2013/12/tahun-baru-di-bantul-mulai-dari-pentas.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tahun Baru di Bantul Mulai dari Pentas Seni Sampai Kembang Api

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tahun Baru di Bantul Mulai dari Pentas Seni Sampai Kembang Api

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger