Abdi Dalem Akan Terima Gaji Rapel Dua Bulan

Written By Unknown on Sabtu, 28 Desember 2013 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ekasanti Anugraheni

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Meskipun SK Gubernur yang mengatur tentang honor abdi dalem baru ditandatangi pada penghujung tahun, namun para abdi dalem akan menerima honor untuk bulan November dan Desember 2013.

"Iya dirapel dua bulan," ucap Kepala Dinas Kebudayaan DIY, GBPH Yudhaningrat, Jumat (27/12/2013).

Dengan demikian, para abdi dalem itu akan menerima honor dua kali lipat dari alokasi yang telah dicantumkan dalam rincian SK Gub tersebut. Sebagai contohnya, untuk abdi dalem jajar caos yang dijatah Rp 125 ribu perbulan, maka pada akhir tahun ini mereka bias menerima honor Rp 250 ribu sekaligus. Dengan syarat, abdi dalem tersebut harus datang langsung ke Keraton atau Pura untuk membubuhkan tandatangan atau cap jempol sebagai syarat pencairannya.

Namun, Dishub DIY juga masih kebingungan bagaimana jika ada abdi dalem yang tinggal di luar DIY dan tidak bisa datang langsung ke Yogyakarta untuk mengambil honornya hingga tenggat waktu pencairannya usai, yakni 31 Desember 2013. "Ya mungkin tidak bisa mengambil honor untuk 2013. Mungkin nanti di 2014," ucap Gusti Yudha meski sedikit ragu.

Seperti diketahui, alokasi Dana Keistimewaan (Danais) 2013 baru dicairkan oleh pusat kepada Pemda DIY pada akhir bulan November 2013 sebesar Rp 115,6 miliar. Namun, karena sisa waktu realisasi anggarannya sangat mepet sehingga kucuran dana dari pusat itu tidak bisa terserap optimal.

"Saya sudah mengajukan surat ke Kemenkeu, agar sisa anggaran yang belum terserap di 2013 bisa dilanjutkan pada 2014, tanpa harus dikembalikan ke pusat. Nantinya kan tinggal alokasi di 2014 dikurangi saja dari uang itu. Tapi belum dijawab oleh kemenkeu," tutur Sultan. (esa)


Anda sedang membaca artikel tentang

Abdi Dalem Akan Terima Gaji Rapel Dua Bulan

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2013/12/abdi-dalem-akan-terima-gaji-rapel-dua.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Abdi Dalem Akan Terima Gaji Rapel Dua Bulan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Abdi Dalem Akan Terima Gaji Rapel Dua Bulan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger