Rieke: Pentingkan Jaminan Sosial Dibanding Bantuan Sosial

Written By Unknown on Jumat, 29 November 2013 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, Niti Bayu

TRIBUNJOGHA, YOGYA - Berkaitan dengan pengesahan Undang Undang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), pemerintah masih dinilai tidak serius dalam pemberian jaminan kesehatan pada masyarakat. Pemerintah lebih senang memberikan bantuan sosial agar terlihat baik.

Hal itu disampaikan Anggota Komisi IX DPR RI, Rieke Diah Pitaloka dalam seminar nasional bertajuk "Jaminan Nasional Universal: Peluang dan Tantangan BPJS" yang diselenggarkan di kampus Fisipol UGM, Yogyakarta, Kamis (28/11/2013).

"Sekarang yang dikembangkan pemerintah adalah charity politic (politik amal), sekedar belas kasihan pada penduduk miskin agar terlihat baik," katanya.

Padahal menurutnya rakyat lebih membutuhkan sistem jaminan sosial nasional. Rieke menilai jaminan tersebut merupakan hak dasar masyarakat.

Rieke melanjutkan, pemerintah sebenarnya memiliki anggaran yang besar untuk jaminan sosial, yaitu sebesar Rp 57,6 triliun. Jadi ia nilai tidak ada alasan pemerintah tidak melaksanakan BPJS pada 1 Januari 2014 mendatang.

"Sebenarnya bukan soal dana, melainkan komitmen pemerintah untuk melaksanakan Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN)," ujar perempuan yang pernah mencalonkan diri sebagai Gubernur Jawa Barat itu.

Lebih lanjut, politisi PDIP itu menilai seharusnya penjaminan kesehatan masyarakat ditutup sepenuhnya oleh APBN. Namun kenyataannya, sebanyak 40,6 juta jiwa rakyat miskin jaminan kesehatannya ditanggung APBD melalui program Jamkesda.

Sementara itu menurut Guru Besar Fisipol UGM Prof Susetiawan berharap pelaksanaan BPJS dapat berlangsung transparan dan akuntabel. Hal itu menjadi syarat untuk mewujudkan kepercayaan masyarakat terhadap program tersebut. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Rieke: Pentingkan Jaminan Sosial Dibanding Bantuan Sosial

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2013/11/rieke-pentingkan-jaminan-sosial.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Rieke: Pentingkan Jaminan Sosial Dibanding Bantuan Sosial

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Rieke: Pentingkan Jaminan Sosial Dibanding Bantuan Sosial

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger