Ini Cara Siswa SMA Kolese De Britto Sambut Pernikahan Gurunya

Written By Unknown on Jumat, 29 November 2013 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, Niti Bayu

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Spanduk putih yang tingginya sekitar 10 meter dibentangkan dari kantor guru di lantai dua hingga ke bawah. Tertulis menggunakan cat hitam pada spanduk tersebut "Woro Woro Desember Pak Didik Menikah untuk Info Hubungi Geng Tengkorak".

Spanduk tersebut terpasang di halaman dalam SMA Kolese De Britto, Jl Laksda Adisucipto 161,Yogyakarta, sejak Rabu (27/11) pagi. Tidak ada guru atau karyawan yang tahu persis siapa pelaku dan kapan spanduk tersebut dipasang di sana.

Sebelumnya, spanduk yang sama membuat penampilan kejutan dalam pementasan teater berjudul "Minak Jinggo", Minggu (24/11/2013) lalu. Teater tersebut merupakan hasil kolaborasi ekstrakulikuler SMA Kolese De Britto dan SMA Stella Ducce 2.

Guru yang dimaksud yaitu Antonius Didik Kristanto Hadi. Didik adalah guru Bahasa Indonesia di SMA Kolese De Britto. Ia juga pelatih ekstrakulikuler teater di sana, sekaligus sutradara "Minak Jinggo".

Saat ditemui Tribun, Kamis (28/11/2013) di Ruang Guru SMA Kolese De Britto, Didik berkali-kali tersenyum dan menggelengkan kepala setiap menceritakan apa yang ia rasakan mengenai tingkah murid-muridnya.

Pada pementasan Minak Jinggo, Didik bercerita, spanduk tersebut bukan bagian dari cerita. Tanpa sepengetahuannya, ternyata para pemain merencanakan menampilkan spanduk tersebut.

"Saya tanya, sampai pura-pura marah, siapa yang membuat spanduk tersebut. Tapi tidak ada yang mengaku," ujar Didik, sambil tersenyum.

Dan tanpa ia duga, Rabu pagi spanduk yang sama sudah terpasang di halaman dalam sekolah. Kembali, tidak ada yang mengaku sebagai pembuat maupun pemasang spanduk.

Didik merasa terharu karena aksi para muridnya itu. Ia menganggap aksi itu adalah wujud perhatian yang otentik dan tulus dari para siswa terhadap gurunya.

"Itu bahasa mereka. Kalau mau dibilang nakal, ya sebatas itu nakalnya anak SMA," kata Didik yang mengajar di SMA khusus murid laki-laki itu.

Sebagai guru, ia mengaku tidak merasa spanduk tersebut sebagai bentuk rongrongan terhadap wibawanya. Malah, guru yang mengajar di SMA Kolese De Britto sejak 2006 itu merasa bisa lebih menghargai ungkapan seperti itu ketimbang ungkapan yang dipaksakan dan basa-basi belaka.

"Calon istri saya juga tidak mempermasalahkan. Ia sudah paham situasi dan kondisi di De Britto," ungkap Didik, masih sambil tersenyum dan menggelengkan kepala.

Sementara itu, menurut Guru Bimbingan Konseling SMA Kolese De Britto, Arintoko, inisiatif para siswa mendukung pernikahan gurunya itu menunjukkan tingkat kedekatan emosional antara guru yang bersangkutan dengan para siswanya.

"Kejadian seperti itu tidak akan bisa terjadi jika guru tidak dekat dengan muridnya," katanya.

Ia menilai tindakan tersebut merupakan bentuk apresiasi para siswa terhadap sentuhan personal guru terhadap pribadi siswa. Secara pribadi, ia mengaku tidak keberatan terhadap spanduk tersebut atau aksi-aksi lain, selama tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar.

Arintoko mengungkapkan, gaya ajar yang mengedepankan kedekatan personal dan emosional itu memang memang diaplikasikan di lembaga pendidikan tersebut. "Para guru dianjurkan membangun kedekatan dengan para muridnya secara personal," ungkapnya.

Menurut Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMA Kolese De Britto, Nugroho, cara-cara ekspresif demikian memang sudah biasa dilakukan para siswanya. Meskipun belum dibicarakan pada tingkat direksi sekolah, ia secara pribadi merasa tidak keberatan terhadap hal itu.

"Para guru malah sering bercanda, kasihan Pak Didik bakal kerepotan kalau semua siswa datang ke acara pernikahannya," ujar Nugroho yang juga akrab disapa Romo John itu. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Ini Cara Siswa SMA Kolese De Britto Sambut Pernikahan Gurunya

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2013/11/ini-cara-siswa-sma-kolese-de-britto.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ini Cara Siswa SMA Kolese De Britto Sambut Pernikahan Gurunya

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ini Cara Siswa SMA Kolese De Britto Sambut Pernikahan Gurunya

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger