Polres Bantul Tembak Pencuri Mesin Perahu

Written By Unknown on Jumat, 18 Oktober 2013 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, M Nur Huda

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Jajaran Satreskrim Polres Bantul menembak seorang pelaku pencurian mesin perahu yang sudah melakukan aksinya di tiga wilayah yakni Gunungkidul, Bantul dan Kulonprogo. Lima mesin hasil kejahatan telah diamankan oleh Polisi sebagai barang bukti.

Kanit Idik 1 Satreskrim Polres Bantul, Iptu Feby Dwinata, Kamis (17/10) mengungkapkan, tiga tersangka tersebut antaralain Niken Wulandari (35), Eddy Suprapto (35), dan Eko Supriyadi (20). Kedua tersangka yakni Niken Wulandari dan Eddy Suprapto adalah pasangan suami istri.

"Dua pelaku pasangan suami istri warga Yogyakarta, sedangkan satu pelaku warga Lampung," ujarnya.

Awalnya polisi memeroleh laporan dari masyarakat sejak Maret 2013 lalu bahwa ada aksi pencurian di sebuah gudang tempat penitipan mesin perahu milik para nelayan. Selanjutnya, polisi melakukan penyelidikan.

"Kami kemudian dapat info dari masyarakat kalau ada mesin perahu yang dijual di Wonosari dan diduga hasil curian. Kami lalu melakukan pengembangan dan ternyata benar adanya," ujar Feby.

Pihaknya lalu mengintai para pelaku dan mengamankan mesin-mesin tersebut sejak sekitar tiga minggu lalu. Adapun tersangka Eko Supriyadi ditangkap di Matraman Jakarta Timur pada 14 Oktober lalu, sedangkan Niken Wulandari ditangkap di Jalan Parangtritis dan Eko Suprapto ditangkap di Pingit pada Rabu (16/10) malam.

"Salah satu tersangka saat akan ditangkap sempat memberontak dan akan kabur, lalu kami memberi tembakan peringatan tapi tidak diindahkan, dia lalu ditembak kakinya oleh anggota," katanya.

Dari pengakuan ketiga tersangka, mereka telah mencuri sebanyak tujuh mesin antaralain di Bantul dapat dua barang, di Gunungkidul dapat dua barang, dan di Kulonprogo dapat tiga mesin. Akan tetapi, dua mesin telah dijual dengan harga masing-masing Rp 3 juta.

Selain menangkap tiga tersangka, polisi juga sedang memburu satu orang yang telah dinyatakan buron. Polisi juga mengamankan satu sepeda motor Yamaha Jupiter yang diduga juga merupakan hasil curian.

Menurut Feby, salah satu dari tersangka pernah tinggal cukup lama di kawasan pantai Parangtritis. Sehingga mereka sangat mengetahui kebiasaan para nelayan yang menyimpan mesin perahu di gudang.

Saat ini, dua tersangka ditahan di Polres Bantul guna penyidikan lebih lanjut, sedangkan satu tersangka Niken Wulandari ditahan di Rumah Tahanan Pajangan Bantul.

Salah satu tersangka yanng tertembak, Eddy Suprapto, terlihat menahan sakit akibat kaki kirinya tertembus timah panas. Dalam menggencarkan aksinya, ia mengaku menyongkel pintu gudang menggunakan obeng. Mesin-mesin tersebut kemudian diangkut menggunakan mobil. Selanjutnya, mesin dijual di wonosari.

"Saya gak tahu selanjutnya dijual kemana, saya hanya menjualnya di Wonosari," katanya saat ditemui di sel tahanan Polres Bantul.(*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Polres Bantul Tembak Pencuri Mesin Perahu

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2013/10/polres-bantul-tembak-pencuri-mesin.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Polres Bantul Tembak Pencuri Mesin Perahu

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Polres Bantul Tembak Pencuri Mesin Perahu

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger