Usulan Warga Soal Lampu di JJLS Belum Ditanggapi Pemerintah

Written By Unknown on Senin, 23 September 2013 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, Hary Susmayanti

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Jalur Jalan Lintas Selatan(JJLS) di wilayah Panggang dan Purwosari yang sudah selesai dibangun sejak beberapa tahun lalu mulai menjadi jalur alternatif wisatawan untuk menuju ke obyek wisata pantai di Gunungkidul.

Namun sayang, keberadaanya belum dilengkapi sarana penerangan yang memadai sehingga rawan terjadi kecelakaan.

Warga melalui musyawarah perencanaan pembangunan sebenarnya sudah mengusulkan lampu penerangan jalan. Namun hingga kini, usulan tersebut belum direalisasikan oleh pemerintahn daerah. JJLS yang melalui wilayah Panggang hingga Purwosari masih gelap gulita.

Setidaknya ada 13 titik yang cukup rawan terjadi kecelakaan. Khusus di wilayah Purwosari, ada empat lokasi rawan kecelakaan yakni di Widoro 4, Karangnongko, depan SMK Purwosari, Klampok dan Tlogowarak. Di lokasi-lokasi tersebut, jalannya berkelok dan menanjak sehingga tingkat kerawanan kecelakaanya cukup tinggi.

Pelaksana tugas Kepala Desa Giripurwo, Purwosari, Pratikno yang dihubungi wartawan melalui telepon selulernya mengaku, warga sudah mengusulkan lampu penerangan jalan sejak tiga tahun silam.

Namun hingga kini, pemerintah kabupaten belum merealisasikannya. Jalan yang melintasi wilayah Panggang dan Purwosari masih gelap gulita sehingga sangat rawan kecelakaan di malam hari.

"Dulu pernah ada kendaraan yang mengalami kecelakaan karena jalannya gelap gulita,"ucapnya, Minggu(22/9).

Dia mengungkapkan,kebutuhan lampu penerangan jalan ini cukup mendesak karena saat ini banyak wisatawan yang mulai menggunakan JJLS untuk menuju ke pantai-pantai yang adai di Gunungkidul.

Wisatawan mulai melintas melalui JJLS untuk menghindari kemacetan di jalur utama Wonosari. Untuk itulah, pemerintah harus segera merespon sehingga bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan.

"Kami berharap segera dipasangi lampu terutama di lokasi yang berkelok dan menanjak,"harapnya.

Salah seorang warga, Sumarjo juga mengungkapkan hal serupa. Tidak adanya lampu penerangan jalan ini menyebabkan rawan kecelakaan sekaligus rawan tindak kejahatan.

"Dari wilayah Jetis Saptosari-Purwosari hingga Panggang belum adan penerangan, padahal jalurnya banyak tikungan tajam dan turunan curam,"imbuhnya. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Usulan Warga Soal Lampu di JJLS Belum Ditanggapi Pemerintah

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2013/09/usulan-warga-soal-lampu-di-jjls-belum.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Usulan Warga Soal Lampu di JJLS Belum Ditanggapi Pemerintah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Usulan Warga Soal Lampu di JJLS Belum Ditanggapi Pemerintah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger