Kian Macet, Setiap Tahun Ada 130 Ribu Kendaraan Baru yang Masuk DIY

Written By Unknown on Sabtu, 21 September 2013 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ekasanti Anugraheni

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Tak hanya di ibukota, keberadaan mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) dikhawatirkan juga akan meningkatkan risiko kemacetan di Yogyakarta. Sebab, jumlah kendaraan di DIY terus mengalami kenaikan signifikan sekitar 130 ribu kendaraan pertahun sementara pemerintah masih belum berhasil mengatasi masalah kemacetan yang terjadi.

Kabid Anggaran Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPKAA) DIY, Gamal Suwantoro mencatat, ada sekitar 1,4 juta kendaraan yang terdaftar di seluruh DIY. Dari angka tersebut, 15 persen diantaranya merupakan mobil pribadi.

"Kalau dibandingkan dengan volume jalan yang ada memang tidak imbang," ucap Gamal, Jumat (20/9/2013).

Untuk membatasi lonjakan kendaraan karena mobil murah, muncul wacana penerapan pajak progresif mobil. Namun, menurut Gamal hal itu cukup sulit dilakukan sekarang. Butuh pembahasan panjang antara eksekutif dan legislatif untuk menetapkan formulasi besaran pajak yang sesuai.

Sekda DIY, Ichsanuri juga menegaskan bahwa kebijakan pajak progresif juga bukan solusi efektif menanggapi keberadaan mobil murah itu. Hasil pendapatan pajak progresif juga tidak akan mampu menjadi solusi yang efektif untuk mendukung perbaikan infratruktur jalan.

"Paling cuma cukup untuk nglapis aspal," tuturnya.

Yang lebih penting dilakukan ialah perbaikan fasilitasi transportasi massal yang ada. Misalnya dengan penambahan jalur Trans Jogja agar bisa diakses oleh masyarakat yang lebih luas.(TRIBUNJOGJA.COM)


Anda sedang membaca artikel tentang

Kian Macet, Setiap Tahun Ada 130 Ribu Kendaraan Baru yang Masuk DIY

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2013/09/kian-macet-setiap-tahun-ada-130-ribu.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kian Macet, Setiap Tahun Ada 130 Ribu Kendaraan Baru yang Masuk DIY

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kian Macet, Setiap Tahun Ada 130 Ribu Kendaraan Baru yang Masuk DIY

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger