'Jogja Kreatif' Boyong Tari Salsa dari Hotel ke Jalan Jenderal Sudirman

Written By Unknown on Sabtu, 21 September 2013 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ekasanti Anugraheni

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Ada yang berbeda di Jogja Kreatif #6, Minggu ( 22/9/2013) besok. Sejumlah penari salsa profesional dari Corazon de la Salsa Yogyakarta akan mengajak warga bergoyang bersama ala penari latin. Goyangan salsa yang biasanya hanya dinikmati di layar televisi, kini bisa disaksikan langsung di penggal Jalan Sudirman Yogyakarta.

"Kami memindahkan funclass salsa dari hotel dan café-café ke jalanan. Funclass Salsa on The Street," ucap Eksternal Manager Corazon de la Salsa, Fransisca Ade Irenewati, Jumat (20/9/2013).

Menurut Fransisca, acara funclass salsa biasanya digelar di sejumlah hotel dan café di Yogyakarta. Dalam setiap perhelatannya, seluruh anggota komunitas bisa turun ke lantai dansa untuk menari salsa bersama. Masyarakat dari luar komunitas pun bisa ikut terlibat. Biasanya, ada pelatihan singkat dulu sekitar 10 menit untuk mengajarkan dasar menari salsa sebelum ia turun ke lantai dansa. "Bebas, semua boleh menari salsa bersama," tandasnya.

Khusus untuk penyelenggaraan Jogja Kreatif #6, akan ada sekitar 10 penari profesional yang akan turun ke jalanan untuk memeriahkan car free day bulanan ini. Mereka ialah tim penari profesional yang telah malang melintang di berbagai festival salsa nasional dan internasional, antara lain Bali International Salsa Festival, Salsa Fiesta dan lain sebagainya.

Nantinya, mereka akan menarikan salsa dikolabrasikan dengan universal line dance yang kini tengah marak di you tube. Jika diperhatikan, gerakan line dance mengadaptasi dengan gerakan-gerakan dansa hanya saja lebih sederhana. Berupa gerakan langkah-langkah kaki yang ritmis sesuai lagu-lagu tertentu sehingga lebih mudah diikuti oleh siapapun yang hadir di Jogja Kreatif.

"Semua boleh bergabung. Kalau mau mempelajari salsa, warga juga bisa belajar singkat dibantu oleh para instruktur profesional yang hadir," tuturnya.

Selain Corazon de la Salsa, sejumlah performing art lain juga akan memeriahkan gelaran Jogja Kreatif #6 yang mengangkat tema Sparkling of Jogja. Beberapa performing art yang akan ditampilkan yakni tarian Ranasmara, Dance Freestye 1st Setup Crew, tari salsa dari grup Corazon De La Salsa, MIX Roger Band, musikalisasi puisi dan pantomim. Di samping itu,potensi kreatif lainnya yakni kesenian patah kayu, body painting dan pembuatan guci Kasongan serta wayang ukur juga akan ditampilkan di kesempatan itu.

"Jogja Kreatif kali ini ingin menonjolkan potensi-potensi masyarakat Jogja yang bersinar. Tidak harus berprestasi, tapi mereka punya jiwa kreatif," ucap panitia Jogja Kreatif, Sunu Mahata.(TRIBUNJOGJA.COM)


Anda sedang membaca artikel tentang

'Jogja Kreatif' Boyong Tari Salsa dari Hotel ke Jalan Jenderal Sudirman

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2013/09/jogja-kreatif-boyong-tari-salsa-dari.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

'Jogja Kreatif' Boyong Tari Salsa dari Hotel ke Jalan Jenderal Sudirman

namun jangan lupa untuk meletakkan link

'Jogja Kreatif' Boyong Tari Salsa dari Hotel ke Jalan Jenderal Sudirman

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger