9 Negara Ikut Festival Ramayana Internasional

Written By Unknown on Jumat, 06 September 2013 | 11.23

Laporan Reporter Tribun Jogja, Joko Widiyarso

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN -

Sebanyak sembilan negara, yakni Indonesia, India, Kamboja, Myanmar, Singapura, Malaysia, Laos, Filipina, dan Thailand, akan mengikuti Festival Ramayana Internasional. Acara ini akan digelar pada 6-9 September mendatang di panggung terbuka Sendratari Ramayana Prambanan.

Plt Direktur Pembinaan Kesenian dan Perfilman Kemendikbud, Gendro Nurhadi mengatakan, kegiatan tersebut diselenggarakan untuk melestarikan budaya yang sangat dikenal oleh kesembilan negara di Asia Tenggara tersebut. Selain itu, pergelaran tari kolosal tersebut sebagai upaya membangun citra dan kecintaan terhadap seni dan budaya adilhung.

"Jadi nanti akan ditampilkan bagian-bagian kisah Ramayana oleh seluruh peserta, hingga nanti akan ditemukan benang merahnya," katanya, Kamis (5/9/2013).

Pentas yang akan digelar di panggung terbuka itu rencananya akan dibuka oleh kontingen dari India. Sedangkan tuan rumah yang diwakili oleh Yayasan Rorojonggrang dari Yogyakarta dan koreografer dari Bali, I Made Sidia, akan tampil di hari terakhir festival.

Pengamat budaya, Romo Sulistyo Tirtokusumo menambahkan, festival tersebut merupakan buah dari desakan negara-negara lain yang sebelumnya selalu mengundang Indonesia sebagai peserta di acara serupa.

Padahal, Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki panggung permanen untuk pementasan Ramayana sejak 1961. Pada tahun itu pula, Sendratari Ramayana pertama dipentaskan di panggung sebelah selatan Candi Prambanan.

"Jadi setelah pentas pertama, akhirnya kami selenggarakan festival Ramayana internasional kedua tahun ini, yang mengundang delapan negara," katanya.

Ketua panitia, Edi Irawan menuturkan, pentas masing-masing negara akan dibatasi dalam durasi 30 menit. Dalam pementasannya, akan diiringi dengan musik tradisional yang melibakan lebih dari 500 seniman dari dalam dan luar negeri.

Secara umum, festival bertemakan "Similarity in Diversity" itu bertujuan untuk melihat dan merevitalisasi sejauh mana perkembangan epos Ramayana yang telah diadopsi di negara-negara Asia. Nanti akan dapat dilihat pula bagaimana setiap negara mengintepretasikan kisah Ramayana sesuai kebudayaannya masing-masing.(*)


Anda sedang membaca artikel tentang

9 Negara Ikut Festival Ramayana Internasional

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2013/09/9-negara-ikut-festival-ramayana.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

9 Negara Ikut Festival Ramayana Internasional

namun jangan lupa untuk meletakkan link

9 Negara Ikut Festival Ramayana Internasional

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger