PTS Merasa Dirugikan dengan Langkah Perpanjangan Pendaftaran Mahasiswa di PTN

Written By Unknown on Sabtu, 24 Agustus 2013 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, Gaya Lufityanti

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Peluang Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dalam memperoleh mahasiswa baru saat ini lebih kecil. Hal ini dikarenakan adanya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang memperpanjang jadwal pendaftaran dan seleksi masuk.

Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta (APTSI) menilai, langkah yang diambil PTN ini cenderung menyudutkan PTS, karena banyak mahasiswa akan lebih memilih mendaftar di PTN.

"Ya pasti merasa dirugikan," keluh Ketua APTISI DIY, Kasiyarno pada Jumat (23/8/2013).

Dengan kebijakan PTN yang memperpanjang waktu pendaftarannya, lanjutnya, PTS otomatis dipaksa bersaing dengan PTN. Kondisi ini jelas membuat PTS kesulitan, karena banyak mahasiswa yang sudah diterima di PTS tapi lebih memilih ke PTN.

"Seharusnya PTN bulan Juli atau awal Agustus sudah selesai pendaftaran, agar waktu sisanya yang ada digunakan PTS untuk berkompetisi mencari mahasiswa," katanya.

Kompetisi dalam mendapatkan mahasiswa antara PTN dan PTS, menurut Koordinator Kopertis Wilayah V DIY, Bambang Supriyadi, memang dibenarkan. Untuk menghadapi persaingan tersebut, sebaiknya disikapi PTS dengan meningkatkan kualitas pendidikannya.

Terlebih saat ini, mahasiswa lebih memilih kualitas pendidikan dibanding hanya gelar PTN dan PTS semata dalam menentukan perguruan tinggi. Biaya saat ini juga menjadi pertimbangan tersendiri bagi mahasiswa, karenanya banyak calon mahasiswa baru lebih memilih mendaftar lebih awal lantaran biayanya lebih murah.

"Ini terlihat saat banyak mahasiswa menyerbu PTS berkualitas bagus.  Karenanya peningkatan kualitas PTS perlu dilakukan, termasuk peningkatan akreditasi," terangnya.

Melihat fenomena yang ada, ia berharap orangtua mahasiswa baru memperhatikan akreditasi perguruan tinggi yang akan dimasuki anaknya. Karena saat ini pengguna tenaga kerja juga lebih mementingkan akreditasi perguruan tinggi maupun prodi dibanding aspek lulusan PTN atau PTS-nya.

"PTS yang memiliki prodi unggul dan dapat menjaga bahkan meningkatkan kualitasnya, pasti akan diserbu calon mahasiswa," imbuhnya. (gya)


Anda sedang membaca artikel tentang

PTS Merasa Dirugikan dengan Langkah Perpanjangan Pendaftaran Mahasiswa di PTN

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2013/08/pts-merasa-dirugikan-dengan-langkah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

PTS Merasa Dirugikan dengan Langkah Perpanjangan Pendaftaran Mahasiswa di PTN

namun jangan lupa untuk meletakkan link

PTS Merasa Dirugikan dengan Langkah Perpanjangan Pendaftaran Mahasiswa di PTN

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger