DIY Siapkan 19 Ribu Vaksin Imunisasi Jenis Baru

Written By Unknown on Sabtu, 24 Agustus 2013 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ekasanti Anugraheni

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dinas Kesehatan DIY telah menyediakan 19 ribu vaksin pentavalen mulai Agustus tahun ini.  Hal itu selaras dengan upaya Kementerian Kesehatan RI dalam pemberian vaksin pentavalen dalam program imunisasi dasar . Vaksin pentavalen ialah vaksin jenis baru yang mampu mengantisipasi lima jenis penyakit sekaligus yakni difteri, pertusis, tetanus, hepatitis B serta Hib (Haemophylus Influenza Type B).  

Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Masalah Kesehatan Dinas Kesehatan DIY, Daryanto Chadorie mengatakan, DIY merupakan satu dari empat provinsi di Indonesia yang dipilih untuk menjalankan program imunisasi ini lebih awal selain Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat dan Bali. Untuk itu, pihaknya kini tengah melakukan sosialisasi dan pelatihan bagi tenaga imunisasi yang tersebar di 121 puskesmas di seluruh DIY, termasuk instansi kesehatan swasa.

"Kami sudah sediakan 19 ribu vial vaksin pentavalen, masing-masing vial bisa digunakan untuk empat dosis. Nanti, setelah pelatihan selesai, warga bisa segera mengakses vaksin ini bagi putra-putrinya," ucap Daryanto dijumpai usai pertemuan antara Komisi IX DPR RI dengan Dinas Kesehatan DIY di Gedung Pracimantoro Kepatihan, Jumat (23/8/2013).

Direktur Surveylance Imunisasi Karantina dan Kesehatan Matra Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan RI, Desak Made Wismarini mengatakan, pencanangan program imunisasi vaksin pentavalen ini sebenarnya sudah dilakukan oleh Menteri Kesehatan RI, Nafsiah Mboi di Karawang dua hari lalu. 

Targetnya, vaksin ini sudah bisa diakses secara nasional pada 1 Januari 2014.  Sebab, Indonesia menduduki peringkat ketiga di dunia sebagai negara dengan kasus kematian bayi terbanyak. "Ini upaya untuk menekan angka kematian bayi terutama yang disebabkan oleh pneumoni (radang paru)," tandas Made.

Situs resmi Biofarma menjelaskan, vaksin pentavalen berupa cairan dan diberikan dalam bentuk suntikan intramuskuler.  Vaksin tersebut diperuntukan bagi bayi usia dua bulan hingga satu tahun. Menurut Made, 176 negara di dunia sudah memanfaatkan vaksin pentavalen dalam program imunisasinya. "Indonesia termasuk yang terlambat," tandasnya. (esa)


Anda sedang membaca artikel tentang

DIY Siapkan 19 Ribu Vaksin Imunisasi Jenis Baru

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2013/08/diy-siapkan-19-ribu-vaksin-imunisasi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

DIY Siapkan 19 Ribu Vaksin Imunisasi Jenis Baru

namun jangan lupa untuk meletakkan link

DIY Siapkan 19 Ribu Vaksin Imunisasi Jenis Baru

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger