Hotel Non Bintang di Yogya Didorong Lakukan Modernisasi

Written By Unknown on Jumat, 30 Agustus 2013 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rina Eviana Dewi

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA

- Hotel non bintang di wilayah Yogyakarta didorong untuk melakukan modernisasi dalam hal pengelolaan dan pemasarannya.

Selama ini menurut Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY hotel non bintang cenderung pasif. Akibatnya, hotel non bintang kalah saing dalam hal menggaet tamu.

"Kami dukung hotel-hotel non bintang supaya gunakan cara-cara modern termasuk pemanfaatan internet supaya pemasaran tidak pasif, hanya menunggu tamu datang," jelas Ketua PHRI DIY, Istidjab M Danunegoro, usai Syawalan PHRI di Hotel Grand Zuri, Rabu (28/8/2013) malam.

Pemanfaatan internet yang dimaksud Istidjab adalah untuk pemasaran dan booking secara online.

"Selama ini mereka cenderung masih menggunakan cara-cara konvensional. Harus dipasarkan secara online termasuk untuk booking," tuturnya.

Dari sisi sumberdaya manusia, hotel non bintang selama ini juga masih seadanya. Kata dia SDM harus dilatih untuk meningkatkan kualitasnya.

PHRI pun katanya, sudah berkoordinasi dengan hotel-hotel non bintang. Nantinya, katanya, PHRI siap membantu dan memfasilitasi modernisasi pengelolaan dan pemasaran hotel non bintang tersebut. "Jumat kami  ada pertemuan dengan gabungan hotel non bintang untuk membahas hal itu," jelasnya.

Jika masih dikelola secara tradisional, Istidjab khawatir hotel non bintang semakin sepi tamu. Terlebih hotel-hotel baru terus bertambah. Akibatnya persaingan untuk menggaet tamu menginap dengan hotel bintang semakin ketat.

"Harus ada action jangan cuma mengeluh-mengeluh saja," katanya.

Secara umum, katanya, dengan menjamurnya hotel di wilayah Yogyakarta belakangan juga berakibat pada penurunan okupansi saat peak season. Semisal saat libur Lebaran kemarin, okupansi hotel turun 15 persen dibanding periode yang sama 2012. Sebab, hotel-hotel harus berlomba menggaet wisatawan yang jumlahnya stagnan. Sementara jumlah kamar hotel di wilayah DIY semakin bertambah. (evn)


Anda sedang membaca artikel tentang

Hotel Non Bintang di Yogya Didorong Lakukan Modernisasi

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2013/08/hotel-non-bintang-di-yogya-didorong.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Hotel Non Bintang di Yogya Didorong Lakukan Modernisasi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Hotel Non Bintang di Yogya Didorong Lakukan Modernisasi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger