Ratusan Perusahaan Belum Bayar THR

Written By Unknown on Rabu, 31 Juli 2013 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, Singgih Wahyu

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO –
Dari 282 perusahaan yang ada di Kulonprogo, baru 20 buah saja yang siap membayarkan tunjangan hari raya (THR) kepada karyawannya.
Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kulonprogo, menyatakan hingga akhir Juli ini baru baru 20 perusahaan yang menandatangani surat kesanggupan membayar THR.
"Kami akan terus melakukan pengawasan hingga H-1 Lebaran terhadap perusahaan-perusahaan supaya menjalankan kewajibannya. Kami akan terus menekan perusahaan supaya tetap membayar THR," kata Plt Kepala Dinsosnakertrans Kulonprogo, Riyadi Sunarto, Selasa (30/7/2013).

Jika perusahaan tidak membayarkan THR, lanjut Riyadi, akan ada sanksi sosial yang diberikan berupa pengumuman nama perusahaan di media massa.

Ia mengatakan, Dinsosnakertrans juga membuat posko pengaduan THR yang mendasarkan atas surat edaran Bupati Kulonprogo Nomor 560/4093 tertanggal 17 Juli dan SE 03/MEN/VII/2013 tentang pemberian THR oleh perusahaan bagi Karyawan.

"Kami siap melayani mereka 24 jam, jadi silakan bagi karyawan yang belum mendapatkan THR datang ke kantor Dinsosnakertrans. Tapi hingga hari ini memang belum ada aduan dari karyawan," kata dia.

Kasi Hubungan Industrial Dinsosnakertrans Agus Dwi Supriyanta mengatakan, ada 282 perusahaan di Kulonprogo. Mayoritas perusahaan merupakan perusahaan kecil dengan jumlah karyawan di bawah 25 orang.

Setelah terbitnya SE Bupati tentang pembayaran THR, Dinsosnakertrans melakukan sosialisasi dan mengirimkan surat pernyataan kesanggupan pembayaran THR ke perusahaan-perusahaan tersebut.

Sesuai SE tersebut, kata Agus, besaran THR yang harus diberikan sebesar satu kali gaji. Bagi karyawan yang masa kerjanya kurang akan diberikan secara proporsional.
"Surat ederan ini sifatnya untuk mengingatkan, supaya perusahaan sudah paham akan kewajibannya," kata dia.(*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Ratusan Perusahaan Belum Bayar THR

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2013/07/ratusan-perusahaan-belum-bayar-thr.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ratusan Perusahaan Belum Bayar THR

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ratusan Perusahaan Belum Bayar THR

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger