Daop 6 Yogyakarta Sediakan Dua KA untuk Angkut Motor Pemudik

Written By Unknown on Sabtu, 27 Juli 2013 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, Hendy Kurniawan

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA

- Guna memudahkan pemudik, PT KAI menyediakan angkutan khusus sepeda motor masyarakat yang hendak pulang kampung. Bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan, layanan ini diberikan untuk meminimalisir tingkat kecelakaan akibat perjalanan jauh menggunakan sepeda motor.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Sumarsono, menjelaskan rencana kereta khusus ini akan diberangkatkan pada 3-6 Agustus 2013 untuk arus mudik. Sedangkan pada arus balik akan berangkat pada 11-14 Agustus 2013. "Disediakan dua rangkaian kereta. Relasi Jakarta-Semarang dan Jakarta-Solo Jebres," imbuhnya, Jumat (26/7/2013).

Masyarakat yang hendak mengakses kereta khusus ini cukup menunjukkan tiket angkutan umum yang hendak digunakan. Semisal, menggunakan bus, kereta api atau travel ke kota tujuan sesuai dengan relasi kereta pengangkut sepeda motor ini.

Tanpa dipungut biaya, masyarakat tinggal mendaftarkan sepeda motor yang akan diangkut beserta STNK dan KTP pemilik. Dengan begitu, kenyamanan dan keamanan perjalanan mudik bisa dijaga dengan. Hanya saja, prosedur dan tempat pendaftaran masih digodog bersama Kementerian Perhubungan.

"Tata caranya kita masih tunggu kabar lebih lanjut. Tapi yang jelas kapasitasnya nanti satu gerbong untuk 40 motor," imbuh Sumarsono. Dengan demikian, jika dalam satu rangkaian kereta api terdapat delapan gerbong, maka satu keberangkatan dapat mengangkut 320 sepeda motor.

Terpisah, Assistant Manager Sistem Informasi dan Tapor PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto, Faizal Indra Kusuma menyatakan, pada masa angkutan Lebaran kali ini total jumlah penumpang mencapai 288.000. Didominasi oleh penumpang relasi Jakarta dan sejumlah kota besar lain di Sumatera.

Sebab itu, pihaknya akan menyiapkan posko Lebaran mulai 1-16 Agustus mendatang. Terdiri dari posko data dan penumpang, posko keamanan serta posko kesehatan. Didukung 30 personil PT AP I, 14 prajurit TNI AU, 4 orang petugas kantor kesehatan pelabuhan dan 10 siswa sekolah pramugari.

"Penumpang akan mulai masuk pada Jumat depan. Peak kedatangan akan terjadi pada 3-4 Agustus. Saat itu jumlah penumpang yang datang per harinya bisa mencapai 10 ribu orang," jelas Faizal. Sementara, untuk puncak keberangkatan penumpang dari bandara pada arus balik diprediksi terjadi pada 10-11 Agustus mendatang. (hdy)


Anda sedang membaca artikel tentang

Daop 6 Yogyakarta Sediakan Dua KA untuk Angkut Motor Pemudik

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2013/07/daop-6-yogyakarta-sediakan-dua-ka-untuk.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Daop 6 Yogyakarta Sediakan Dua KA untuk Angkut Motor Pemudik

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Daop 6 Yogyakarta Sediakan Dua KA untuk Angkut Motor Pemudik

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger