Hadapi Puncak Mudik, Seluruh Armada Bus Cadangan di Magelang Dikerahkan

Written By Unknown on Sabtu, 27 Juli 2013 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, Muchammad Fatoni

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG

- Seluruh armada bus cadangan, baik Antar Kota Dalam Kota Provinsi (AKDP) serta Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Tidar Kota Magelang, diharuskan untuk siaga dalam mengangkut penumpang saat Lebaran mendatang. Terutama pada hari yang diperkirakan menjadi puncak arus mudik dan balik Lebaran, yaitu H-3 hingga H+3. Demikian dikatakan Asisten Kesra Pemprov Jawa Tengah, Djoko Sutrisno, saat mengadakan pemantauan kesiapan kendaraan di Terminal yang ada di Jalan Soekarno-Hatta Kota Magelang, kemarin. Ia berujar, kesiapan kendaraan harus menjadi prioritas, demi kenyamanan penumpang.

"Jangan sampai ada penumpang yang terlantar dan menunggu bus terlalu lama, ini yang harus benar-benar diperhatikan, baik dari pihak terminal dan perusahaan bus (PO)," tuturnya.

Ia mengatakan, berdasarkan catatan yang ia miliki, setiap tahun selalu ada penumpukan penumpang yang terjadi di Terminal Tidar Kota Magelang. Menurutnya, penumpukan tersebut terjadi pada H-3 hingga H+3 yang biasanya menjadi puncak kepadatan dan lonjakan penumpang.

"Kan kasihan kalau para penumpang harus menunggu minimal dua jam karena bus yang tidak datang-datang dan selalu penuh, jadi kami ingin memastikan hal itu tidak terjadi tahun ini," katanya.

Djoko menambahkan, pada hari biasa, bus yang beroperasi dari Terminal Tidar sejumlah 47 trayek. Namun menurutnya, apabila mengacu pada pengalaman tahun – tahun sebelumnya, jumlah tersebut terbilang kurang mencukupi.

"Karena itu, bus – bus cadangan harus tetap disiagakan dan kalau perlu semuanya dioperasikan secara bersama, agar penumpang bisa terangkut semua," tandasnya.

Sementara Kepala Bidang Lalu LIntas dan Angkutan Dishubkominfo Kota Magelang, Sukwanto, menuturkan hal senada. Selain mempersiapkan armada untuk mengangkut penumpang di Terminal Tidar, pihaknya juga melakukan pengecekan terkait kesiapan armada yang akan dioperasikan.

"Kesiapan seluruh armada yang masuk dan ada di Terminal Tidar kami periksa, mulai dari ban, lampu dan yang lain, demi keamanan dan kenyamanan para penumpang," paparnya.

Ia pun menuturkan, pihaknya telah menyiapkan seluruh armada saat arus mudik dan balik pada Lebaran mendatang. Jumlah yang disiapkan pun disebutnya akan bisa mencukupi lonjakan penumpang yang diprediksi akan mulai memadati Terminal Tidar sejak H-7 mendatang. (ton)


Anda sedang membaca artikel tentang

Hadapi Puncak Mudik, Seluruh Armada Bus Cadangan di Magelang Dikerahkan

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2013/07/hadapi-puncak-mudik-seluruh-armada-bus.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Hadapi Puncak Mudik, Seluruh Armada Bus Cadangan di Magelang Dikerahkan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Hadapi Puncak Mudik, Seluruh Armada Bus Cadangan di Magelang Dikerahkan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger