Pengawasan Gas Elpiji di Kota Yogya Hanya Sampai di Level Pangkalan

Written By Unknown on Sabtu, 11 April 2015 | 11.22

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kenaikan harga gas elpiji ukuran 12 kilogram, mengakibatkan gas elpiji ukuran 3 kilogram menjadi banyak diburu. Namun meski begitu, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Pertanian (Disperindagkoptan) Kota Yogyakarta mengaku melakukan pengawasan pendistribusian hanya sampai pada level pangkalan saja.

"Di Kota Yogyakarta ada sekitar 600an pangkalan elpiji 3 kilogram, ya itu yang kita awasi. Belum sampai pada tahap pengecer," kata Suyana, Kepala Disperindagkoptan Kota Yogyakarta saat ditemui di Komplek Balai Kota Yogyakarta, Jumat (10/4/2015).

Lebih lanjut ia menjelaskan, data pengecer seharusnya dimiliki oleh setiap pangkalan. Sehingga pangkalan wajib memiliki daftar pengecer yang membeli barang di tempatnya.‎ Hal tersebut sudah menjadi mekanisme baku pendistribusian gas elpiji 3 kilogram yang diatur oleh pemerintah.

"Distribusi gas elpiji 3 kilogram memang dilakukan swasta, tapi regulasinya tetap dari pemerintah dalam hal ini Pertamina. Jadi pihak yang mendistribusikan harus mengikuti syarat-syarat yang sudah diatur. Termasuk mencatat siapa saja pengecer yang membeli dan melaporkan ke Pertamina," jelas Suyana.

Untuk menanggulangi kebocoran kuota Kota Yogyakarta, lanjut dia, maka pemerintah telah melakukan sistem penyegelan yang berbeda untuk tiap wilayah. Kuota gas elpiji 3 kilogram untuk Kota Yogyakarta diberi segel berwarna putih. Sehingga diharapkan jika ada kebocoran kuota ke daerah lain, bisa segera diketahui karena memiliki warna segel yang berubah.

Tahun ini Kota Yogyakarta mendapat jatah gas elpiji 3 kilogram sebanyak 6.265.738 tabung. Jumlah ini lebih banyak dari tahun lalu yang hanya‎ 5.795.807 tabung. Meski sudah mendapat kenaikan jumlah kuota sebanyak 7,5 persen, namun jumlah tersebut masih jauh dari permohonan kenaikan yang diajukan Pemerintah Kota Yogyakarta sebanyak 22 persen. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Pengawasan Gas Elpiji di Kota Yogya Hanya Sampai di Level Pangkalan

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2015/04/pengawasan-gas-elpiji-di-kota-yogya.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pengawasan Gas Elpiji di Kota Yogya Hanya Sampai di Level Pangkalan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pengawasan Gas Elpiji di Kota Yogya Hanya Sampai di Level Pangkalan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger