Jalur Evakuasi Mangunsuko-Babadan Rusak Parah Sejak Erupsi Merapi 2010

Written By Unknown on Sabtu, 11 April 2015 | 11.22

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Sejumlah warga di Desa Mangunsuko, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang mengaku masih prihatin dengan kerusakan jalur evakuasi yang cukup parah dan tak kunjung diperbaiki pascaerupsi Merapi. Jalur yang menghubungkan Mangunsuko hingga pos pengamatan Babadan itu mengalami kerusakan sekitar 5 kilometer.

Pantauan Tribun Jogja, jalur evakuasi warga lereng Merapi ini terlihat cukup parah. Aspal sudah mengelupas parah dan hanya menyisakan bebatuan saja. Bahkan, nyaris seperti sungai yang mengering.

Tak jarang warga yang melintas dengan sepeda motor harus berjalan dengan pelan agar tidak tergelincir dan terjerembab. Meski demikian, jalur tersebut masih kerap dilalui armada truk galian C yang memuat batu dan pasir dari alur sungai Senowo.

Harsono (60), warga Dusun Grogol, Desa Mangunsuko menjelaskan, kondisi rusaknya jalan tersebut sudah terjadi pascaerupsi Merapi tahun 2010 hingga 2011 lalu. Kerusakan jalan, ujarnya, diperparah dengan banyaknya armada truk yang melintas untuk memuat material.

"Apalagi saat itu, banyak penambangan menggunakan back hoe. Jalur ini juga kerap dilalui untuk menurunkan alat berat dan proyek pembuatan dam saat itu. Sehingga rusak," jelasnya kepada Tribun Jogja, belum lama ini.

Dia menjelaskan, pasca banyaknya penambangan dengan alat berat saat itu, volume truk yang melintas cukup sering. Jalan yang mulai rusak akhirnya menjadi parah dan cukup sulit untuk dilewati, meskipun sudah ada yang diperbaiki.

Srini, warga lain mengaku prihatin dengan kerusakan jalan itu. Menurutnya, kerusakan jalur tersebut mirip dengan sungai mengering. Kerusakan jalan, menurutnya juga berpotensi menimbulkan korban karena jika tidak hati-hati, pengendara bisa jatuh dan mengalami kecelakaan.


Anda sedang membaca artikel tentang

Jalur Evakuasi Mangunsuko-Babadan Rusak Parah Sejak Erupsi Merapi 2010

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2015/04/jalur-evakuasi-mangunsuko-babadan-rusak.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jalur Evakuasi Mangunsuko-Babadan Rusak Parah Sejak Erupsi Merapi 2010

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jalur Evakuasi Mangunsuko-Babadan Rusak Parah Sejak Erupsi Merapi 2010

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger