Diabetes, Penyakit Berbahaya Namun Sering Diremehkan

Written By Unknown on Sabtu, 11 April 2015 | 11.22

TRIBUNJOGJA.COM - Diabetes melitus merupakan gangguan kronis. Namun, hampir 70 persen penderita tidak menyadari kondisinya dan belum terdiagnosis. Padahal, dalam jangka panjang, diabetes akan mengganggu fungsi organ vital tubuh, seperti jantung dan ginjal. Karena itu, perlu kesadaran masyarakat untuk melakukan cek kesehatan berkala.

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013, prevalensi diabetes melitus (DM) sekitar 6,9 persen. Sebelumnya, pada Riskesdas 2007 tercatat 5,7 persen.

"Yang terdiagnosis baru sekitar 30 persen," kata Dyah Erti Mustikawati, Kepala Subdirektorat Pengendalian Diabetes Melitus dan Penyakit Metabolik Kementerian Kesehatan.

Hal itu disampaikan dalam pertemuan media "Arti Penting Peningkatan Kapasitas Tenaga Kesehatan dalam Pengendalian Diabetes", Jumat (10/4/2015), di Jakarta. Hadir dalam kesempatan itu, Ketua Perkumpulan Endokrinologi (Perkeni) Achmad Rudijanto, serta Guru Besar Endokrinologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Pradana Soewondo.

Menurut Dyah, DM sering tidak disadari oleh penderita karena tidak melakukan pengecekan kadar gula darah. DM terjadi ketika konsentrasi glukosa atau gula darah melebihi keadaan normal. Disebut DM jika kadar gula darah dalam keadaan puasa lebih atau sama dengan 126 mg/dL. Selanjutnya, dua jam setelah makan, kadar gula darah sama atau lebih dari 200 mg/dL.

Rudijanto menyatakan, diperkirakan pada 2015 terdapat 9,1 juta penderita diabetes. Hal ini menyebabkan Indonesia berada di peringkat kelima negara dengan pengidap diabetes terbanyak.

Pradana menambahkan, masyarakat harus mengetahui faktor-faktor yang memperbesar risiko DM. "Jika tidak diobati, akan jadi komplikasi, seperti stroke dan penyakit ginjal," katanya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Diabetes, Penyakit Berbahaya Namun Sering Diremehkan

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2015/04/diabetes-penyakit-berbahaya-namun.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Diabetes, Penyakit Berbahaya Namun Sering Diremehkan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Diabetes, Penyakit Berbahaya Namun Sering Diremehkan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger