Jika Tak Menyerahkan Diri, Jaksa Akan Eksekusi Paksa Labora Sitorus

Written By Unknown on Minggu, 15 Februari 2015 | 11.22

TRIBUNJOGJA.COM - Aiptu Labora Sitorus telah diberi peringatan untuk menyerahkan diri, pada Minggu (15/2/2015) hari ini.

Kepala Divisi Humas Polri, Inspektur Jenderal (Pol) Ronny Sompie mengatakan, jaksa berwenang melakukan eksekusi paksa jika hari ini Labora belum juga menyerahkan diri.

"Kami sudah berkoordinasi dengan jaksa eksekutor. Itu yang ditempuh bersama. Polri hanya membantu apa yang diinstruksikan jaksa," ujar Ronny saat dihubungi, Minggu (15/2/2015).

Ronny mengatakan, peran Polri saat ini hanya mengimbau kepada Labora untuk menyerahkan diri. Hal tersebut dikarenakan vonis terhadap Labora sudah dijatuhkan oleh Kejaksaan Agung sehingga jaksa lah yang berwenang melakukan berbagai upaya agar Labora dapat ditahan.

"Pelaksanaannya (penahanan) oleh Kapolda Papua Barat, kemudian yang mengeksekusi nanti jaksa eksekutor," kata Ronny.

Aiptu Labora merupakan terpidana 15 tahun penjara dan denda Rp 5 miliar dalam kasus pencucian uang, penimbunan bahan bakar, dan pembalakan liar selama menjadi anggota Kepolisian Raja Ampat.

Sebelumnya, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda), Papua Barat, Brigjen Pol Paulus Waterpauw, memberikan ultimatum bagi Labora untuk menyerahkan diri pada hari ini. "Dari hasil pertemuan antara Kajati, Kakanwil Kum-HAM, dan pihak lainnya di Sorong. Menyepakati Labora diberi kesempatan hingga Minggu besok untuk serahkan diri," jelas Waterpauw, Jumat (13/2/2015) di Manokwari.

Sementara itu, Jaksa Agung HM Prasetyo mengancam akan melakukan upaya pakda jika Labora tidak juga menyerahkan diri dan kembali ke tahanan. Kejaksaan menganggap hingga saat ini Labora masih tidak kooperatif sehingga sulit membawanya ke Lapas Sorong, Papua Barat.

"Nanti kami pakai plan A persuasif, lalu plan B-nya itu meminta bantuan polisi. Jika tidak bisa juga, ya apa boleh buat, kami akan lakukan cara lain yang bisa bawa dia kembali ke LP," kata Prasetyo.

Selain itu, ungkap Prasetyo, masih banyak warga yang mendukung dan melindungi Labora sehingga makin mempersulit pemulangannya ke Lapas. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Jika Tak Menyerahkan Diri, Jaksa Akan Eksekusi Paksa Labora Sitorus

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2015/02/jika-tak-menyerahkan-diri-jaksa-akan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jika Tak Menyerahkan Diri, Jaksa Akan Eksekusi Paksa Labora Sitorus

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jika Tak Menyerahkan Diri, Jaksa Akan Eksekusi Paksa Labora Sitorus

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger