Anak Kelas 1 SD Bertanya: Apakah Gendut itu Buruk?

Written By Unknown on Kamis, 12 Februari 2015 | 11.22

TRIBUNJOGJA.COM - Laura Cacdac, seorang ibu yang bermukim di Palm Beach Gardens, FL, merasa kesal dan jengkel pada perawat di sekolah anaknya. Perawat tersebut memberikan surat yang memberitahukan bahwa Charley, putri Laura, memilih Indeks Massa Tubuh (IMT) yang tinggi.

Selanjutnya, surat tersebut menyatakan, IMT Charley yang tinggi membahayakan kesehatan serta kemampuan akademisnya. Kemudian, perawat sekolah menyimpulkan bahwa Charley kelebihan berat badan. Alhasil, Charley pun bertanya pada ibunya, apakah gendut itu berarti buruk?

Pertanyaan buah hatinya tersebut sangat mengusik pikiran Laura. Sebab, apa yang dilakukan perawat sekolah, lebih kurang mengajarkan pada Charley bahwa ada yang salah pada tubuh Charley.

Dengan rasa kecewa yang mendalam, Laura tidak tinggal diam, dan segera mendatangi perawat sekolah yang memutuskan bahwa IMT Charley terlalu tinggi berdasarkan standar yang ditetapkan oleh Departemen Kesehatan Amerika Serikat, dan mengindinkasikan bahwa anaknya mengalami kelebihan berat badan.

"Makanan favorit anakku adalah alpukat, brokoli, dan apel. Dia sangat sehat dalam segala hal, fisik, psikis, dan akademis," jelas Laura.

Selanjutnya, Laura menguraikan kekhawatiran atas surat yang dikeluarkan pihak sekolah tersebut akan menciptakan imaji citra diri yang keliru pada anak-anak. Sebab, tanpa penjelasan merinci, pihak sekolah seenaknya mengatakan bahwa ada kesalahan dalam IMT anaknya.

"Pertanyaan pertama Charley padaku adalah 'apakah mereka berpikir aku gendut? Apakah itu salah? Apakah gendut itu buruk?," imbuhnya.

Menurut Laura, seharusnya sebelum surat tersebut diberikan pada anak, pihak sekolah semestinya menyampaikan terlebih dulu pada orangtua. Lalu, kemudian orangtua menjelaskan pada anak, bukan sebaliknya. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Anak Kelas 1 SD Bertanya: Apakah Gendut itu Buruk?

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2015/02/anak-kelas-1-sd-bertanya-apakah-gendut.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Anak Kelas 1 SD Bertanya: Apakah Gendut itu Buruk?

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Anak Kelas 1 SD Bertanya: Apakah Gendut itu Buruk?

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger