Situs PVMBG Jadi Sasaran Peretas

Written By Unknown on Rabu, 01 Oktober 2014 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, Mona Kriesdinar

TRIBUNJOGJA.COM - Situs resmi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) masih belum bisa diakses hingga Rabu (01/10/14) pagi ini. Situs yang memuat informasi penting mengenai pemantauan dan mitigasi bencana vulkanologi dan geologi serta pantauan berita gunungapi dan data dasar gunungapi tersebut, diketahui diretas sejak Selasa (30/9/2014) malam. Ketika diakses, situs tersebut hanya menampilkan tulisan peringatan untuk melakukan pembenahan pada bagian sistem.

"Patch your system," demikian tulisan berlatar belakang warna hitam dan gambar Garuda Pancasila berlatar belakang merah putih tersebut.

Adapun berdasarkan catatan Tribun Jogja, sejumlah aksi peretasan biasanya dilakukan dengan beragam motivasi. Ada yang dilakukan sebagai simbol protes, namun ada pula yang dilakukan untuk memberitahukan admin situs bahwa website yang dikelolanya masih memiliki celah yang bisa "disusupi" oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

Satu diantaranya yang dilakukan Dani Firmansyah atau yang dikenal dengan nick name Xnuxer yang melakukan tes sistem sekuriti pada website KPU di tahun 2004 lalu. Ada pula aksi hacker tanah air yang melakukan serangan besar-besaran terhadap sejumlah situs Israel sebagai bagian dari aksi protes kampanye Save Gaza. Namun tak sedikit pula aksi peretasan yang dilakukan dengan motivasi kejahatan semisal pencurian melalui internet.

Belum lama ini, foto-foto bugil para selebriti dunia, yang salah satunya diduga foto Kim Kardashian, kembali beredar di media sosial pada Sabtu (21/9/2014) lalu akibat peretasan masif untuk yang kedua kalinya dalam rentang waktu sebulan terakhir.

Sebagaimana dikutip dari AFP, Minggu (21/9/2014), foto yang diretas termasuk foto aktris Vanessa Hudgens dan atlet Hope Solo. Foto tersebut sempat muncul sesaat di 4chan dan Reddit, sebelum akhirnya dicabut.

Sementara itu, BuzzFeed menyatakan bahwa foto-foto lainnya yang diretas adalah milik aktris Aubrey Plaza, Mary-Kate Olsen, Hayden Panettiere, dan Leelee Sobieski, di samping juga foto Jennifer Lawrence.

Sebelumnya, aksi serupa untuk pertama kali dilakukan para peretas pada 1 September, setelah mereka membobol iCloud milik Apple. Terkait dengan hal itu, perusahaan tersebut menyangkal bahwa sistem keamanan pada komputasi awannya diretas.

Apple justru menyalahkan para selebriti yang foto bugilnya beredar karena mereka menggunakan password sederhana.

Pada peretasan awal bulan ini, foto bugil Jennifer Lawrence telah beredar, termasuk foto milik model Kate Upton, penyanyi Avril Lavigne, dan aktris Gabrielle Union. (tribunjogja.com)


Anda sedang membaca artikel tentang

Situs PVMBG Jadi Sasaran Peretas

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2014/10/situs-pvmbg-jadi-sasaran-peretas.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Situs PVMBG Jadi Sasaran Peretas

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Situs PVMBG Jadi Sasaran Peretas

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger