Kopdar Nasional, ICJ Ajak Pengendara Tertib Berlalulintas

Written By Unknown on Senin, 27 Oktober 2014 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, Angga Purnama

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Salam aspal! Teriak seorang pria melalui pengeras suara dari atas panggung yang berdiri di lapangan Dusun Duwet Gentong, Desa Sitimulyo, Piyungan Bantul, Minggu (26/10/2014).

Teriakan salam khas itu bertalu-talu membentur dinding bukit yang mengelilingi dusun di bawah kaki Bukit Bintang itu terdengar riuh di telinga ribuan orang yang memadati lapangan.

Tak butuh waktu lama, sahutan "gronjal" bersahutan dari ribuan orang yang datang dari berbagai daerah di Yogyakarta itu. Ya, unik dan asing bagi yang belum pernah mendengarnya, namun itulah salam khas dari komunitas Info Cegatan Jogja (ICJ).

Tanpa memperdulikan terik matahari yang menyengat, para anggota komunitas yang berasal dari jejaring Facebook itu. Hiburan musik dangdut mengalun merdu serasa menghibur peserta kopi darat (kopdar) nasional atau bertemu langsung selain di dunia maya.

Sepintas, nama ICJ terdengar seperti komunitas yang digunakan untuk menghindari razia lalulintas polisi, atau lazim disebut cegatan. Namun siapa sangka, komunitas ini justru aktif mengajak 79.200 lebih anggotanya untuk tertib saat berlalulintas.

Anto, admin dari ICJ, mengatakan awalnya komunitas ini dibentuk untuk menyebarkan informasi tentang lalulintas di seputar Yogyakarta. Namun, banyaknya anggota yang bergabung, makin berkembang pula informasi yang disebarkan melalui jejaring ini.

"Yang bergabung di komunitas ini memiliki berbagai latar belakang. Mulai dari pekerja, hingga polisi dan TNI. Semua berbagai informasi, terutama tentang kondisi lalulintas," paparnya saat ditemui tribunjogja.com.

Menurutnya, informasi yang beredar bisa seputar kecelakaan, kemacetan, hingga saran berkendara yang aman. Beberapa anggota juga memberi masukan untuk selalu tertib berlalulintas.

"Banyak yang mengira komunitas ini untuk menghindari razia polisi lalulintas. Tapi, kami berusaha untuk mendorong anggota agar selalu mematuhi aturan lalulintas dengan tertib berkendara," ungkapnya. (tribunjogja.com)


Anda sedang membaca artikel tentang

Kopdar Nasional, ICJ Ajak Pengendara Tertib Berlalulintas

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2014/10/kopdar-nasional-icj-ajak-pengendara.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kopdar Nasional, ICJ Ajak Pengendara Tertib Berlalulintas

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kopdar Nasional, ICJ Ajak Pengendara Tertib Berlalulintas

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger