Tahun 2015, Alokasi Danais Akan Dipangkas Separoh

Written By Unknown on Kamis, 04 September 2014 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ekasanti Anugraheni

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA -  Alokasi Dana Keistimewaan (Danais) tahun depan dipangkas separoh. Pemerintah pusat hanya mengucurkan Danais Rp 547,5 miliar pada 2015. Padahal, usulan Pemda DIY mencapai Rp 1,02 triliun. 

"Hanya Rp 547,5 miliar yang disepakati untuk menyesuaikan kemampuan APBN. Selain itu karena evaluasi Kementerian, serapan Danais tak optimal," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DIY Tavip Agus Rayanto. 

Kabid Perencanaan dan Statistik Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DIY Beny Suharsono mengatakan, dengan adanya pemangkasan, praktis banyak program keistimewaan 2015 ditunda pelaksanaannya. Anggaran lebih diprioritaskan untuk kelanjutan program 2014 yang tak selesai. Misalnya, pembangunan Taman Budaya Kulonprogo yang gagal dibangun tahun ini. 

"Ya diutamakan melanjutkan program 2014 yang gagal dulu. Jangan sampai terhenti," ucap Beny. 

Kepala Bidang Anggaran DPPKA DIY Aris Eko Nugroho membenarkan adanya program-program 2014 yang potensial gagal dilaksanakan. Sebab, Danais 2014 tak bisa dicairkan sepenuhnya. Pemda paling banyak hanya bisa mencairkan Danais termin I dan II saja yang totalnya sekitar Rp 410 miliar. Itupun belum tentu terserap semuanya. 

"Danais termin III, Rp 104 miliar, sepertinya nggak mungkin," kata Aris. 

Pemda DIY kini tengah mengejar pencairan Dana Keistimewaan (Danais) termin II senilai Rp 288 miliar pada pertengahan September 2014. Targetnya, pekan ini serapan Danais termin I sudah mencapai 80 persen setara Rp 104 miliar. "Sampai Rabu (3/9) sudah terserap Rp 94 miliar. Tinggal mengejar Rp 10 miliar lagi. Saya yakin bisa. Rencananya 10 September sudah bisa mengajukan pencairan Danais termin II," papar Aris dijumpai di kantornya, Rabu (3/9). 

Jika sesuai tata kalanya, Danais termin II, Rp 288 miliar bisa dicairkan pada akhir September. Ada sisa waktu tiga bulan bagi Pemda untuk merealisasikannya. "Potensi serapannya besar, sebab akan banyak pekerjaan fisik yang mulai digarap. Kemarin kan sudah lelang dan pembayaran uang muka. Termin II untuk pelunasan," kata Aris. 

Beberapa proyek fisik yang serapan anggarannya besar antara lain penataan kawasan heritage Malioboro dan Alun-alun utara berikut pembangunan taman parkir Ngabean. (esa) 


Anda sedang membaca artikel tentang

Tahun 2015, Alokasi Danais Akan Dipangkas Separoh

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2014/09/tahun-2015-alokasi-danais-akan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tahun 2015, Alokasi Danais Akan Dipangkas Separoh

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tahun 2015, Alokasi Danais Akan Dipangkas Separoh

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger