UGM Raih Perak di Olimpiade Matematika Internasional

Written By Unknown on Sabtu, 09 Agustus 2014 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, M Fathoni

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Satu lagi prestasi di level internasional ditorehkan Universitas Gadjah Mada (UGM) melalui dua mahasiswanya. Kali ini dua mahasiswa UGM, berhasil menyabet medali perak dan penghargaan honorable mention dalam Olimpiade Internasional Matematika, di Blagoevgrad, Bulgaria, pada 29 juli hingga 4 Agustus lalu.

Adalah Pramudya, mahasiswa prodi Teknik Elektro angkatan 2011, yang berhasil merebut medali perak. Satu mahasiswa lagi, Taufiq Ardiansyah dari prodi Matematika UGM, sukses merebut Honorable Mention.

Kedua mahasiswa ini harus bersaing dengan 342 peserta dari 47 negara, diantaranya Rusia, Amerika Serikat, Brasil, Hungaria, Polandia, Singapura, Sri Langka, Iran, Jerman, Belanda, dan Kroasia.

Menurut Pramudya, soal - soal yang ia hadapi dalam olimpiade tersebut terbilang sangat menantang. Bukan soal hitungan layaknya Matematika pada umumnya, namun lebih ke arah kemampuan ide dan logika bagi setiap peserta dalam menyelesaikan kasus Matematika.

"Soal hitung-hitungan tidak banyak. Yang dituntut justru kreativitas kita dalam menyelesaikan soal-soal itu, itu yang sangat menantang," terang Pram, sapaan akrabnya.

Ia juga berujar, keikutsertaannya dalam Olimpiade Matematika di level internasional ini merupakan kali pertama. Ia pun tidak menyangka dan sangat bersyukur bisa membawa medali.

"Tapi tentunya lebih bangga lagi karena bisa mengharumkan nama Indonesia," katanya.

Ia mengisahkan penentuan pemenang International Mathematics Competition for University Students, ditentukan berdasarkan dari hasil ujian tertulis di bidang ilmu matematika aljabar, matematika analisis real, analisis kompleks dan kombinatorik.

"Selanjutnya dilakukan tahap seleksi selama dua hari untuk menyeleksi ratusan peserta," ucap dia. (Tribunjogja.com)


Anda sedang membaca artikel tentang

UGM Raih Perak di Olimpiade Matematika Internasional

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2014/08/ugm-raih-perak-di-olimpiade-matematika.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

UGM Raih Perak di Olimpiade Matematika Internasional

namun jangan lupa untuk meletakkan link

UGM Raih Perak di Olimpiade Matematika Internasional

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger