Mahasiswa Asing Pelajari Eco-preneurship di Melia Purosani

Written By Unknown on Jumat, 22 Agustus 2014 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, Pristiqa Ayun Wirastami

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Melia Purosani Hotel Yogyakarta bekerjasama dengan Kantor Hubungan Internasional Universitas Gadjah Mada berkesempatan menerima rombongan tamu mahasiswa magang dari negara-negara di Asia yaitu dari Jepang dan Brunei Darussalam. Mereka ingin magang dan mempelajari tentang penerapan Eco-preneurship dalam industri hotel.

Melalui program The 6th UGM DREaM International Students Summer Program 2014 dengan tema "Eco-preneurship: Sustaining Nature to Embrace the Future", program ini melibatkan para mahasiswa yang terdiri dari 4 mahasiswa Jepang dan 1 mahasiswa Brunei yaitu dari Nagoya University, Kyushu University, Tohoku University dan Brunei Institute of Technology belajar tentang bagaimana Melia Purosani mengaplikasikan pengelolaan hotel dengan prinsip green-hotel.

Kelima mahasiswa tersebut mengikuti workshop, diskusi dan hotel inspection yang disampaikan oleh Marketing Communications Melia Purosani, R Danang G Setyawan dan juga Enggineering Coordinator, Wuri Sri Wuryani.

"Mereka belajar banyak tentang bagaimana penerapan pengelolaan hotel yang ekologis dimana hotel mengaplikasikannya melalui program manajemen limbah buangan dan eco-efisiensi. Program ini sendiri di selenggarakan oleh Universitas Gadjah Mada untuk meningkatkan hubungan dan juga interaksi diantara para pemuda dari berbagai negara dalam suatu kegiatan yang secara spesifik mengambil tema Eco-preneurship," kata Danang.

Para mahasiswa terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan di Hotel Melia Purosani, mereka berdiskusi tentang pengelolaan hotel Melia Purosani dan juga usaha untuk meningkatkan kesadaran para tamu tentang pentingnya menjaga keseimbangan alam melalui kampanye dan juga kegiatan yang diselenggarakan pihak hotel.

Dalam inspeksi ke area-area pengelolaan limbah dan bahan buangan para mahasiswa tersebut aktif menanyakan berbagai hal sehubungan dengan manajemen pengelolaan limbah kepada pihak hotel. Para mahasiswa ini juga diberikan penjelasan tentang usaha Melia Purosani dalam melindungi habitat Gelatik Jawa dimana jenis burung ini termasuk burung langka yang bersarang di lingkungan hotel. Kesempatan diskusi dimanfaatkan untuk menyampaikan berbagai pendapat tentang pengelolaan hotel yang hijau dan ekologis.

Misato Morishita, Yusuke Otsubo, Ai Fukuya, Hirotomo Yamada dan Amal Najwana saling berbagi pendapat dan ide tentang pengaplikasian prinsip hijau dan ekologis ini. Berbagai ide mereka sampaikan mulai dari Hari tanpa Elevetor/Lift bagi karyawan sampai display barang daur ulang limbah hotel. Kegiatan yang diselenggarakan oleh UGM ini merupakan kegiatan yang sangat positif dan Melia Purosani mendukung pelaksanaannya dengan harapan dapat turut ambil bagian dalam gerakan kepedulian terhadap lingkungan.

"Kami dari pihak hotel berharap hal-hal seperti ini dapat terus dikembangkan kedepannya sehingga generasi muda dapat belajar banyak tentang pengelolaan industri yang ramah lingkungan, sehingga kita dapat terus memberikan kontribusi positif bagi lingkungan sekitar," ujar Danang.

Acara yang diselenggarakan oleh UGM DREaM 2014 ini menawarkan berbagai program kepada para peserta, yaitu Kuliah Umum, Magang, Rencana Aksi Workshop, Pengabdian Masyarakat, dan Acara Sosial. Magang adalah salah satu program penting dimana melalui magang ini para peserta memiliki kesempatan untuk mendapatkan pengetahuan tentang eco-preneurship dengan magang di lembaga lokal salah satunya adalah di Melia Purosani Hotel. (tribunjogja.com)


Anda sedang membaca artikel tentang

Mahasiswa Asing Pelajari Eco-preneurship di Melia Purosani

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2014/08/mahasiswa-asing-pelajari-eco.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Mahasiswa Asing Pelajari Eco-preneurship di Melia Purosani

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Mahasiswa Asing Pelajari Eco-preneurship di Melia Purosani

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger