Klonthong Sapi Terbesar Akan Meriahkan Bantul Ekspo

Written By Unknown on Kamis, 14 Agustus 2014 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, Gaya Lufityanti

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pembukaan Bantul Ekspo (BE) 2014 dipastikan akan berlangsung meriah dan semarak. Kemeriahan ini didukung oleh pawai gerobak sapi yang akan membuka BE kali ini. Pawai gerobak sapi akan bergerak dari rumah Dinas Bupati Trirenggo menuju Pasar Seni Gabusan. Gerobak tersebut akan membawa Maskot Bantul Ekspo 2014 berupa Klonthong Sapi Terbesar. Klonthong terbesar ini juga diharapkan bisa dicatatkan dalam rekor MURI.

Pawai yang diikuti 30 gerobak ini akan dimulai pukul 13.30 di Lapangan Trirenggo menuju Pasar Seni Gabusan. Grobak akan juga membawa 30 finalis Miss Bantul Ekpo 2024. Rute yang ditempuh yaitu Lapangan Trirenggo - Pertigaan Nogosari - Ring Road Manding - Perempatan Manding - Jalan Parangtritis dan finish di PSG. Arak - arakan ini akan didukung oleh Paguyuban Gerobak Bantul 'Guyub Rukun' pimpinan Isdiono.

Ketua Panitia Bantul Ekspo 2014, Heni Purwanta mengatakan, kehadiran pawai gerobak akan ikut menyemarakkan dan mendukung maskot Bantul Ekspo agar gaungnya bisa dilihat masyarakat. "Klontong terbesar tersebut merupakan hasil karya perajin kuningan yang bernama Suadmadji asal PIK Gunung Sempu Kasihan. Klontong tersebut dibuat dengan bahan tembaga dan kuningan dengan berat total sekitar 100 kilogram dan tinggi 1 meter selama 2 bulan," paparnya pada Kamis (14/8/2014).

Event Bantul Ekspo 2014 akan dibuka Jum'at (15/8) dan akan berlangsung hingga 25 Agustus 2014. Bantul Ekspo direncanakan akan dibuka Gubernur DIY Sri Sultan HB X. Ekspo yang selalu jadi incaran peserta ini akan diikuti oleh 130 peserta dengan jumlah kapling 225 kapling peserta baik peserta Dinas / Instansi, Desa / Kecamatan, Umum, BUMD/BUMN, Perbankan, dan lembaga lainnya. Selain itu juga akan ditambah dengan stand-stand para pedagang kaki lima, serta kapling permanen pengrajin di Pasar Seni Gabusan. Bahkan panitia merasa kewalahan dengan tingginya minat peserta yang kebanyakan ingin punya stand yang strategis. "Namun stand-stand Bantul Ekspo 2014 ini akan ditata dengan tertib agar tak menimbulkan kesemrawutan," tambah Heni Purwanta.

Heni melanjutkan, tema Bantul Ekspo 2014 adalah Penguatan Produk Lokal untuk Kemandirian dengan tujuan untuk menumbuhkan rasa kecintaan terhadap produk dalam negeri dalam mencukupi kebutuhan masyarakat. Melalui tema ini, penyelenggara berharap bisa menumbuhkan sektor perekonomian bangsa demi kemakmuran dan kemandirian bangsa.

Bantul Ekspo 2014 diharapkan akan lebih meriah dan mampu memberikan hiburan yang murah, berkualitas dan berbobot bagi masyarakat Bantul. Masyarakat bisa berkunjung ke Bantul Ekspo untuk berbelanja dan menikmati kemeriahan Bantul Ekspo. "Kami berharap Bantul Ekspo juga mampu menampilkan produk-produk unggulan lokal masyarakat Bantul sehingga mampu mengundang dan dilirik para buyer baik dalam ataupun luar negeri, " sambung Heni Purwanta.

Untuk hiburan, panitia akan menampilkan berbagai kesenian baik moderen maupun tradisional. Tercatat sudah ada 88 group kesenian yang akan menjadi pengisi hiburan di panggung utama kesenian Bantul Ekspo. Mereka akan menampilkan berbagai jenis kreasi seni baik anak anak dan dewasa. "Khusus untuk pentas - kesenian yang mengundang kerawanan keributan akan ditiadakan agar Bantul Ekspo bisa berlangsung tertib dan aman," tutupnya. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Klonthong Sapi Terbesar Akan Meriahkan Bantul Ekspo

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2014/08/klonthong-sapi-terbesar-akan-meriahkan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Klonthong Sapi Terbesar Akan Meriahkan Bantul Ekspo

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Klonthong Sapi Terbesar Akan Meriahkan Bantul Ekspo

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger