Artis Sebaiknya Gunakan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Written By Unknown on Senin, 18 Agustus 2014 | 11.22

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Sebaiknya artis penyanyi berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar di hadapan publik. Ini merupakan salah satu cara yang dapat disumbangkan para penyanyi untuk menjaga budaya Indonesia. Lebih jauh lagi, para artis diminta menjunjung tinggi komunikasi yang beretika melalui bahasa Indonesia dengan tidak melepas kesantunan dalam berbicara.

Demikian diungkapkan Puji Adi Andaya, manajer dan sekaligus produser musik papan atas termasuk Geisha, Dewa 19, Boomerang, Netral dll, saat ditanya terkait dengan hari Kemerdekaan RI ke-69, Minggu (17/8/2014).

Pria yang mengaku asli Surabaya namun kelahiran Jakarta ini merasa prihatin bahwa sekalipun industri musik Indonesia dapat dikatakan sudah sangat maju, namun ada kekurangan yang dirasakannya yakni dalam berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Bahkan, para penyanyi bahkan lebih senang menggunakan bahasa Inggris campuran atau bahasa Betawi tanpa memiliki sensitivitas atas perusakan budaya secara tidak langsung.

"Saya merasakan ada hal yang kurang di sini dalam berkomunikasi yang tidak disadari para artis di mana gaya komunikasi mereka ditiru oleh banyak penggemar. Penggunaan kata aku, gua, lu, elo meskipun akrab di telinga, tetapi tidak pas dalam bahasa kesantunan di hadapan publik. Bahasa pergaulan lebih baik digunakan saat tidak manggung," ujar Puji Adi Andaya yang panggilan akrabnya Puput.

Puput menjelaskan lebih lanjut, para artis penyanyi hendaknya peka bahwa cara berkomunikasi mereka ditiru oleh penonton yang sebagian adalah anak kecil atau remaja. Sehingga kalau berkomunikasinya tidak baik pasti akan ditiru oleh para penggemarnya.

Bahasa Indonesia mengajarkan bangsa ini, jelas mantan manajer Band Dewa19 tersebut, untuk selalu berkomunikasi secara santun yang mencirikan kerendahan hati orang Timur. Kata "saya", "mas, mbak atau abang" lebih tepat digunakan dalam berkomunikasi di hadapan publik secara langsung termasuk di layar televisi. Bahasa yang santun juga menghargai perbedaan komunikasi yang tua dan yang muda saat berkomunikasi meskipun tidak kehilangan kehangatan dalam bercanda atau bergurau.

"Banyak artis yang sering menggunakan kata asing terutama Inggris untuk menunjukkan kemoderennya, padahal bahasa Inggrisnya ya belum tentu bagus juga. Kalau pun menggunakan bahasa Indonesia, sering tidak pas secara tata bahasa – seperti mobil aku, pacar aku, yang seharusnya mobilku, pacarku dll. Sepertinya bahasa Indonesia hanya dipandang sebagai bahasa pergaulan sepertinya bahasa Betawi atau Inggris. Padahal bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan yang harus dijaga serta digunakan secara benar. Para artis harus ikut menjaga Indonesia satu dan tak terbagi," tegas Puput yang juga pernah menjadi manajer dan sekaligus music produser untuk Bebi & Romeo.

Ia menekankan juga, banyak hal yang bisa dilakukan oleh para artis penyanyi minimal terhadap para fansnya terkait dengan kehidupan berbangsa dan bermasyarakat. Ia dapat memaklumi jika penyanyi itu benar-benar go international seperti yang banyak dilakukan oleh para penyanyi asing, kemudian berbahasa Inggris. Tetapi kondisi itu dapat terjadi, jika para penyanyi Indonesia berada di luar negeri dan bukan di negaranya sendiri.

"Saya kira, kemerdekaan RI ke-69 merupakan momentum baik bila para musisi termasuk penyanyi lebih banyak lagi menggunakan bahasa Indonesia yang baik di dalam setiap penampilannya. Karena tanggung jawab terhadap kelangsungan budaya, dan bahasa Indonesia adalah tanggung jawab kita bersama tak terkecuali para musisi sebagai pekerja seni," jelasnya.

Karir Puji Adi Andaya berawal menjadi manager untuk beberapa artis seperti Dewa 19, Netral, Romeo, TBK, Juliette, Boomerang, dll. Saat ini walaupun masih aktif menangani management dari band Boomerang, Puput juga membuka perusahaan rekaman sendiri RMV Records, dan juga aktif di Perusahaan distribusi Musik "Bermuda Musik" yang bekerja sama dengan Resto cepat saji Texas Chicken Indonesia untuk melakukan pemasaran dan penjualan CD dari beberapa artis ternama di Indonesia seperti ; Ada Band, Andra and The Backbone, DBagindas, Geisha dan d'masiv. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Artis Sebaiknya Gunakan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2014/08/artis-sebaiknya-gunakan-bahasa.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Artis Sebaiknya Gunakan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Artis Sebaiknya Gunakan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger