Dewan Kritisi Kinerja Eksekutif yang Cenderung Mengalami Kemunduran

Written By Unknown on Senin, 14 Juli 2014 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, Hari Susmayanti

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Ketua Fraksi PDIP Gunungkidul, Sutarpan menilai kinerja Pemerintah Kabupaten Gunungkidul pada tahun 2013 mengalami kemunduran dibandingkan tahun sebelumnya. Hal tersebut terlihat dari banyaknya catatan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap laporan keuangan APBD 2013.

Dalam pelaporan keuangan APBD 2013, BPK menemukan 10 catatan miring yang harus segera ditindaklanjuti oleh pemerintah Kabupaten Gunungkidul. Padahal, tahun 2012, BPK hanya memberikan 6 catatan.

"Ini perlu penjelasan, tahun 2012 lalu hanya ada 6 catatan perbaikan. Tapi tahun 2013 kok justru bertambah menjadi 10 catatan. Mengapa bisa seperti ini," katanya akhir pekan lalu.

Salah satu catatan dari BPK menurut Sutarpan adalah penyertaan modal di perusahaan daerah Bank Daerah Gunungkidul (BDG) sebesar Rp 2 milyar. Penempatan modal tersebut dinilai tidak tepat oleh BPK sehingga harus segera dievaluasi. Jangan sampai temuan-temuan dari BPK akan semakin bertambah banyak terutama dalam APBD 2014 yang saat ini sedang dijalankan.

"Karena kalau melanggar ketentuan, larinya akan menimbulkan kerugian bagi daerah," ucapnya.

Desakan bagi pemerintah kabupaten Gunungkidul untuk segera melakukan evaluasi terhadap temuan-temuan dari BPK juga disampaikan oleh ketua Komisi B DPRD Gunungkidul, Suhardono.
Menurutnya, temuan dari BPK harus mendapatkan perhatian serius dari pemerintah. Sebab, jika tidak segera ditindaklanjuti upaya pemerintah untuk memperoleh predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) sulit untuk terwujud.

"Eksekutif harus benar-benar menyikapi demi perbaikan ke depan. Mosok kita langganan wajar dengan pengecualian," jelasnya.(has)


Anda sedang membaca artikel tentang

Dewan Kritisi Kinerja Eksekutif yang Cenderung Mengalami Kemunduran

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2014/07/dewan-kritisi-kinerja-eksekutif-yang.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Dewan Kritisi Kinerja Eksekutif yang Cenderung Mengalami Kemunduran

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Dewan Kritisi Kinerja Eksekutif yang Cenderung Mengalami Kemunduran

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger