Kanwil Kementerian Agama DIY Sediakan Penceramah Selama Ramadan

Written By Unknown on Sabtu, 28 Juni 2014 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, Hamim Thohari

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY selama Ramadan 1435 H menyediakan penceramah bagi masyarakat yang membutuhkan. Dijelaskan oleh Arief Gunadi selaku Kasubag Informasi dan Humas Kanwil Kementerian Agama DIY bahwa masyarakat bisa menghubungi bagian Penerangan Agama Islam Zakat dan Wakaf (Penais Zawa) jika membutuhkan penceramah.

"Jika ada masyarakat yang ingin mengadakan pengajian dan kesulitan penceramah bisa menghubungi Kami", ungkap Arief Gunadi.

Untuk agenda rutin, Kanwil Kemenag DIY menyusun jadwal Imsakiyah. Selain menyusun, jadwal tersebut dibagikan kepada masyarakat untuk menjadi panduan menjalankan ibadah puasa.

Pihak Kanwil Kemenag DIY pada Ramadan ini juga akan membagikan zakat yang dihimpun selama setahun. Pembagian zakat ini rutin dilakukan oleh Kanwil Kemenag DIY. "Pembagian zakat Kami lakukan setahun dua kali, dan satu diantaranya dilakukan di tiap bulan Ramadan. Kita mengundang orang-orang yang berhak meneria zakat ke kantor sekaligus mengadakan pengajian" jelas Arief Gunadi.

Untuk zakat fitrah, Kanwil Kemenag DIY tidak mengakomodirnya. Dijelaskan Arief, hal ini dikarenakan sebagian besar karyawan menjadi panitia penerimaan Zakat Fitrah di wilayah mereka masing-masing.

Pemerintah Provinsi DIY pada Ramadan kali ini mengadakan Safari Ramadan ke semua intansi Pemprov DIY, dan Kanwil Kemenag DIY menjadi koordinator acara tersebut. "Kita menjadi koordinator Safari Ramadan, acara ini akan di mulai 30 Juni 2014" terang Arief.

Berkaitan dengan kemungkinan awal puasa yang berbeda, Arief Gunadi mengharapkan agar umat Islam saling menghargai perbedaan tersebut. "Mereka mempunyai metode dan keyakinan masing-masing dalam menentukan dan memulai ibadah puasa, jadi Kita jangan saling menyalahkan", kata Arief.(mim)


Anda sedang membaca artikel tentang

Kanwil Kementerian Agama DIY Sediakan Penceramah Selama Ramadan

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2014/06/kanwil-kementerian-agama-diy-sediakan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kanwil Kementerian Agama DIY Sediakan Penceramah Selama Ramadan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kanwil Kementerian Agama DIY Sediakan Penceramah Selama Ramadan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger