Umur Harapan Hidup di Yogyakarta Tertinggi Se-Indonesia

Written By Unknown on Minggu, 04 Mei 2014 | 11.22

TRIBUNJOGJA.COM. JAKARTA - Yogyakarata memiliki angka paling tinggi di Indonesia untuk umur harapan hidup atau Adiyuswa.

Menurut Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Prof Fasli Jalal dalam Seminar Solusi Hidup Sehat, Bahagia dan Berguna di Usia Tua Untuk Menuju Adi Yuswa, Sabtu (3/5/2014), hasil proyeksi dasar sensus penduduk (SP) tahun 2010, usia harapan hidup orang di Yogyakarta 74,2 tahun.

Berturut-turut setelahnya, provinsi dengan harapan hidup tinggi yakni Kalimantan Timur (72,9 tahun), Jawa Tengah (72,7 tahun), dan DKI Jakarta (71,4 tahun).

Provinsi Jawa Barat yang diproyeksikan memiliki jumlah penduduk paling banyak, usia harapan hidupnya yakni 71,3 tahun. Sementara itu, pada 2035 nanti, diproyeksikan usia harapan hidup Yogyakarta mencapai 75,5 tahun, masih tertinggi dibanding provinsi yang lain.

Berturut-turut setelahnya, provinsi dengan harapan hidup tinggi yakni Kalimantan Timur (75,4 tahun), Jawa Tengah (75,3 tahun), dan Jawa Barat (74,4 tahun).

Daerah Istimewa Yogyakarta kata Fasli tercatat menjadi provinsi yang paling dini mengalami penuaan. Jumlah lansianya pun, yakni persentase orang yang berusia lebih dari 60 tahun, paling banyak di antara semua provinsi.

Proyeksi 2010, sebanyak 12,9 persen orang Yogyakarta tergolong lansia. Dua provinsi berikutnya adalah Jawa Tengah dan Jawa Timur, dengan persentase sama 10,3 persen.

Pada kesempatan yang sama Presiden Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi PT Sido Muncul Tbk Irwan Hidayat mengatakan untuk menjaga badan tetap sehat dan di usia lanjut tetap produktif, mengonsumsi bahan herbal akan jauh lebih.

Bukan itu saja kata Irwan , tapi juga harus berpikir positif memberikan kasih sayang diantara sesama. "Maka dengan sehat meski sudah usia lanjut, namun akan tetap bermanfaat bagi orang banyak," katanya.

Sementara berbicara tentang herbal, Irwan mengaku hingga saat ini dari sekitar 30.000 spesies tanaman obat yang baru diuji oleh BPOM baru sekitar 500 spesies. Sehingga masih banyak jenis tanaman obat yang masih bisa dimanfaatkan.

"Bahkan tidak menutup kemungkinan dari spesies yang belum diteliti itu nantinya ada yang dapat dimanfaat untuk menjaga kesehatan bagi para adiyuswa," kata Irwan. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Umur Harapan Hidup di Yogyakarta Tertinggi Se-Indonesia

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2014/05/umur-harapan-hidup-di-yogyakarta.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Umur Harapan Hidup di Yogyakarta Tertinggi Se-Indonesia

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Umur Harapan Hidup di Yogyakarta Tertinggi Se-Indonesia

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger