Parpol Bersiap Galang Dukungan

Written By Unknown on Jumat, 23 Mei 2014 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, M Nur Huda

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Partai-partai politik mulai gencar melakukan upaya menggalang dukungan untuk pemenangan pasangan calon presiden dan wakil presiden yang diusung. Tak hanya di level pusat, parpol di daerah, termasuk di DIY juga mulai gencar menggalang dukungan.

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI) Perjuangan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Bambang Praswanto, sejauh ini sejumlah kelompok masyarakat ataupun perorangan yang menyatakan diri bergabung dengan relawan Jokowi-JK di DIY sudah banyak. Mereka mulai bergerak untuk menggalang dukungan.

Mereka menggelar berbagai kegiatan secara mandiri, baik dari sisi pendanaan maupun konsep kegiatan. Sementara DPD PDI Perjuangan hanya melakukan pengawasan dan mengkoordinasi lokasi.

"Kami hanya mengawasi, nggak mengontrol. Dan memastikan mereka itu bukan selundupan. Kami juga menengarai ada juga kelompok yang katanya mendukung ternyata bukan, ini perlu diwaspadai," katanya, Kamis (22/5/2014).

Menurutnya, saat ini pihaknya sedang mewaspadai adanya kelompok relawan "selundupan" tersebut. Karena dalam pemilihan presiden, pertarungan politik akan lebih keras. Masing-masing tim calon berupaya mencari tahu strategi yang dilakukan tim lain.

"Saya mulai waspada soal itu, ini masih terus ada upaya verifikasi. Karena sekarang ini head to head, banyak hal-hal bisa terjadi dan saling mengintip strategi. Tapi kami terus merapatkan barisan," katanya.

Sementara itu, Bambang mengungkapkan dalam waktu dekat juga akan ada kelompok sempalan partai yang akan menggelar deklarasi dukungan untuk pasangan Jokowi-JK di DIY. Pihaknya membuka pintu lebar terhadap siapapun yang ingin bergabung.

"Sampai sekarang masih terus terbuka lebar bagi siapapun. Entah yang dulu lawan politik jika sekarang ingin bergabung silakan, yang penting mendukung Jokowi. Bahkan, pada Sabtu (24/5) besok ada kelompok sempalan partai yang deklarasi, mereka sudah mengontak saya," katanya.

Tunggu Instruksi

Terpisah, Wakil Ketua 1 DPD Partai Gerindra DIY, Sinarbiyat Nujanat, mengatakan, secara nasional Gerindra sudah membentuk tim pemenangan. Akan tetapi untuk di daerah, pihaknya belum melakukan koordinasi dengan sejumlah partai koalisi (PPP, PAN, PKS, PBB dan Golkar, Red).

"Tapi untuk di daerah saat ini sedang akan mempersiapkan rapat koordinasi dengan partai koalisi. Dalam waktu dekat kami akan melakukan komunikasi lebih intensif," kata Sinarbiyat.

Sinar mengatakan, koordinasi dengan lintas partai tersebut nantinya baru akan dilaksanakan setelah ada hasil rapat koordinasi nasional (rakornas) Partai Gerindra yang digelar di Jakarta kemarin.
Hasil rakornas nantinya akan dijadikan sebagai petunjuk teknis (juknis) dalam melakukan komunikasi di internal partai maupun partai koalisi di DIY.

"Jadi kami masih menunggu instruksi dari hasil rakornas internal Gerindra untuk melangkah," katanya.

Namun demikian, sejauh ini pihaknya juga telah berupaya menjalin komunikasi dengan sejumlah komunitas dan menggalang relawan di Yogyakarta untuk mendukung Prabowo-Hatta.

Terkait adanya partai pendukung yang saat ini sedang mengalami perpecahan arah dukungan, pihaknya tidak akan ikut campur. Sebab hal tersebut merupakan permasalahan di internal partai masing-masing.

"Itu adalah masalah internal Golkar di pusat maupun di DIY. Kami tidak akan ikut campur. Tapi sesuai kesepakatan di tingkat pusat untuk berkoalisi, maka kami akan tetap menjalin komunikasi dengan Golkar di DIY beserta partai pendukung lainnya," katanya. (Tribunjogja.com)


Anda sedang membaca artikel tentang

Parpol Bersiap Galang Dukungan

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2014/05/parpol-bersiap-galang-dukungan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Parpol Bersiap Galang Dukungan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Parpol Bersiap Galang Dukungan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger