Malaysia Rilis Catatan Komunikasi MH370 dan Satelit

Written By Unknown on Rabu, 28 Mei 2014 | 11.23

TRIBUNJOGJA.COM - Untuk pertama kalinya setelah beberapa pekan, otoritas penerbangan Malaysia akhirnya merilis informasi penting tentang hilangnya pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370.

Informasi tersebut, sebelumnya sempat dirahasiakan dan bukan untuk konsumsi publik. Namun begitu, permasalahannya adalah bahwa informasi yang dirilis tersebut ternyata sifatnya sangat teknis. Sehingga perlu kajian ahli terlebih dahulu untuk mengetahui informasi apa yang sebenarnya dimuat dalam data tersebut.

Dokumen setebal 47 halaman tersebut, dirilis pada hari Selasa (27/5/2014) kemarin. Di dalamnya tersimpan ratusan catatan percakapan dan komunikasi antara MH370 yang hilang 8 Maret lalu dengan Inmarsat, satelit komunikasi yang berbasis di Inggris.

Data tersebut sangat rumit. Bahkan untuk seorang profesional sekalipun akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengartikannya. Tapi mereka yakin bahwa dokumen itu memuat informasi penting mengenai petunjuk bahwa penerbangan telah berakhir di selatan samudera Hindia dimana pencarian dilanjutkan.

Data penting tersebut berupa rekaman komunikasi data yang digunakan Inmarsat dan MH370. Cara kerjanya satelit mengirimkan serangkaian sinyal tersandi kepada pesawat tersebut.

Jika diibaratkan, satelit terus-menerus menanyakan apakah pesawat berada pada posisi yang benar. Kemudian pesawat akan menjawab bahwa posisinya benar jika memang berada pada jalur yang ditentukan.

"Pemerintahan Malaysia memutuskan untuk merilis data ini sekarang," demikian kata CEO Inmarsat, Rupert Pearce sebagaimana dilansir CNN.

"Data itu memuat informasi mentah semua catatan komunikasi yang melewati jaringan yang kami miliki," tambahnya.

Ia menambahkan bahwa data tersebut, memuat semua catatan komunikasi hingga pesawat dinyatakan hilang. "Data ini mencakup semua hal, kami membuka semuanya," tandasnya. (*/CNN)


Anda sedang membaca artikel tentang

Malaysia Rilis Catatan Komunikasi MH370 dan Satelit

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2014/05/malaysia-rilis-catatan-komunikasi-mh370.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Malaysia Rilis Catatan Komunikasi MH370 dan Satelit

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Malaysia Rilis Catatan Komunikasi MH370 dan Satelit

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger