Cek dan Pesan Stok Darah Bisa Via Online

Written By Unknown on Minggu, 11 Mei 2014 | 11.22

Laporan reporter Tribun Jogja, Niti Bayu Indrakrista

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta merancang sistem informasi yang menghubungkan Palang Merah Indonesia (PMI) dengan bank darah rumah sakit (BDRS).

Melalui sistem yang berbasis internet itu, BDRS bisa secara cepat mengecek stok darah dan melakukan pemesanan.

Melalui Sistem Informasi Bank Darah (SIBD) rancangan tim dari USD tersebut, akan mendorong proses pemenuhan kebutuhan darah secara lebih cepat dan praktis. "Masyarakat umum juga dapat melihat stok darah di PMI, termasuk mengakses riwayat donor darah," kata anggota tim, Agnes Maria Polina, Jumat (9/5/2014).

SIBD saat ini baru diterapkan di PMI Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Menurut Agnes, melalui SIBD, PMI dapat secara cepat memproses permintaan darah melalui jaringan online. Metode serupa juga bisa digunakan untuk proses distribusi validasi data darah ke keluarga pasien.

"PMI juga bisa leluasa mengolah data pendonor, data hasil pemeriksaan lab (laboratorium), dan stok penyimpanan darah," terangnya lagi.

Menurut hasil survei tim USD, PMI kota besar di Pulau Jawa yang umumnya leading dalam hal teknologi, hingga kini belum terhubung secara online dengan BDRS.

Beberapa kantor PMI di ibu kota provinsi memang sudah menyediakan website resmi yang memberikan informasi mengenai ketersediaan stok darah di kantor tersebut. Namun, kata Agnes, sistem itu belum mampu melayani pemesanan darah.

Ia menceritakan, pembangunan dan implementasi SIBD memakan waktu selama sekitar satu tahun. Selanjutnya, tim USD akan melakukan penelitian lanjutan terhadap aplikasi sistem tersebut untuk melihat seberapa jauh efektivitas dan efisiensinya. (Tribunjogja.com)


Anda sedang membaca artikel tentang

Cek dan Pesan Stok Darah Bisa Via Online

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2014/05/cek-dan-pesan-stok-darah-bisa-via-online.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Cek dan Pesan Stok Darah Bisa Via Online

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Cek dan Pesan Stok Darah Bisa Via Online

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger