Purwo Santosa : Pilih yang Jelas Permainannya

Written By Unknown on Senin, 17 Maret 2014 | 11.22

Oleh. Prof Purwo Santosa Guru Besar Fisipol UGM

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - SISTEM dukungan bagi anggota DPD RI yang terpilih belum bisa mengakar sepenuhnya di daerah. Meski sudah ada keputusan Mahkamah Konstitusi yang memperbasar kewenangan, tapi pada dasarnya DPD masih dalam posisi marginal dalam ketatanegaraan Indonesia.

Memang pemilihan ini menghasilkan tokoh-tokoh populer. Tapi saluran di daerah untuk bisa menjadi isu nasional belum terumuskan dengan baik. Sekretariat DPD di tingkat propinsi pun belum jelas ke mana muaranya. Termasuk sejauh mana ide yang dihasilkan bisa dikawal.
Maka dari itu, harus dirumuskan apa saja yang bisa dan perlu dilakukan oleh seorang yang menjadi anggota DPD RI. Tentu saja untuk menjadi pejuang daerah.

Apa yang bisa diperjuangkan untuk DIY? Dalam hal ini memperjuangkan tak hanya terpaku pada struktur ketatanegaraan, harus ada kecerdasan lokal yang mengiringi. Misalnya, pemerintah pusat getol mengembangkan industri kreatif. Saya pikir DIY selama ini sudah memenuhi kualifikasi sebagai tandon industri ini di Indonesia.

Anggota DPD RI dari DIY harus berusaha menjadikan potensi ini menjadi andalan nasional. Sehingga DIY yang minim sumber daya alam memiliki posisi tawar tinggi, dengan bekal sumber daya manusia yang unggul. Masyarakat silakan menjatuhkan pilihan kepada wakil yang dirasa memiliki kompetensi. Bagi saya tidak penting siapa pemainnya, melainkan bagaimana permainannya.
Tentu saja dalam konteks positif membuat DIY mendapat posisi istimewa di level nasional.(hdy)

Skandal Kuliner Terkait :
Bakpia Tidak Asli Merajalela di 7 Titik Penting Yogya


Anda sedang membaca artikel tentang

Purwo Santosa : Pilih yang Jelas Permainannya

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2014/03/purwo-santosa-pilih-yang-jelas.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Purwo Santosa : Pilih yang Jelas Permainannya

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Purwo Santosa : Pilih yang Jelas Permainannya

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger