KPU DIY : Kampanye Terbuka Hanyalah Bentuk Pencitraan Saja

Written By Unknown on Rabu, 19 Maret 2014 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, M Nur Huda 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Komisioner KPU DIY, Divisi Pendidikan Pemilih dan Hubungan Antar Lembaga, Farid Bambang Siswantoro menilai kegiatan kampanye yang dilakukan partai politik (parpol), baik berbentuk rapat terbuka maupun rapat tertutup memiliki efektifitas tersendiri.

Menurutnya, dari dua jenis kampanye tersebut, rapat tertutup lebih efektif dibanding rapat terbuka yang biasa digelar di lapangan. Sebab dalam rapat terbuka, komunikasi hanya terjadi satu arah antara pemilih dengan kontestan. Berbeda dengan rapat tertutup yang biasanya dilakukan dalam gedung dan dihadiri dengan jumlah peserta terbatas. Dalam rapat tertutup ini, komunikasi dua arah lebih terjalin. Sehingga para pemilih dapat lebih mengenal sosok para calon yang akan dipilih.

"Kalau dari penuturan sejumlah praktifi politik, kampanye terbuka itu tidak terlalu signifikan mendulang suara. Yang lebih signifikan adalah kampanye tertutup. Kampanye berbentuk rapat terbuka itu hanya untuk pencitraan saja," katanya, Rabu (19/3/2014).

Menurutnya, dalam rapat tertutup yang biasanya ada dialog, topik pembahasan pun dapat dipahami secara mendalam. Sehingga janji politik para calon terhadap pemilih pun dapat dibahasa secara detail. "Topik bisa didalami, persuasinya bisa mendalam. Kalau misalkan dialog maka tema yang dibahas bisa ditanyakan balik dan input serta outputnya bisa langsung dipahami. Kemudian penyampaian informasi dan ajakan bisa dilakukan secara intensif," ungkapnya.

Sementara itu, pada hari keempat pelaksanaan kampanye terbuka di DIY tingkat daerah, tidak semua partai politik (parpol) peserta Pemilu memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menggelar rapat terbuka. Dari lima parpol yang memeroleh jadwal kampanye hari ini antaralain PKPI, Nasdem, PKB, PKS, PDIP, hanya PDIP yang memanfaatkan kesempatan itu untuk menggelar rapat terbuka.

Berdasarkan Informasi yang diterima, PDIP akan menggelar rapat umum di dua daerah yakni Kabupaten Kulonprogo dan Gunungkidul. Di Kulonprogo dengan juru kampanye Hastowardoyo yang merupakan Bupati Kabupaten Kulonprogo. Di daerah ini terdapat dua tempat yakni di Lapangan Karangrejo, Kecamatan Kokap dan Lapangan Kidul, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulonprogo.

Sedangkan di Kabupaten Gunungkidul, PDIP juga menggelar rapat umum di Lapangan Karangrejek, Kecamatan Wonosari dengan Juru kampanye Ketua DPP PDIP sekaligus Ketua DPD PDIP DIY, HM Idham Samawi. Serta terdapat kampanye rapat tertutup yang di Dusun Ngawi I, Kecamatan Karangmojo.(*)

Skandal Kuliner Terkait :
Bakpia Tidak Asli Merajalela di 7 Titik Penting Yogya

     

Anda sedang membaca artikel tentang

KPU DIY : Kampanye Terbuka Hanyalah Bentuk Pencitraan Saja

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2014/03/kpu-diy-kampanye-terbuka-hanyalah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

KPU DIY : Kampanye Terbuka Hanyalah Bentuk Pencitraan Saja

namun jangan lupa untuk meletakkan link

KPU DIY : Kampanye Terbuka Hanyalah Bentuk Pencitraan Saja

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger