11 Tahun, RSUD Panembahan Senopati Tingkatkan Mutu Layanan

Written By Unknown on Senin, 31 Maret 2014 | 11.22

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Puncak perayaan hari ulang tahun (HUT) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panembahan Senopati Kabupaten Bantul ke-11 yang jatuh pada Sabtu (29/3) dihadiri oleh Bupati Sri Surya Widhati. Pada kesempatan ini pula, Bupati meresmikan Panembahan Senopati sebagai RS Ramah Anak dan juga peresmian pencanangan gerakan Sapa Ramah karyawan dan karyawati RS.

Dalam sambutannya, Ida, sapaan akrab Bupati sangat mengapresiasi pencanangan dua program baru tersebut. Dengan diresmikannya "Rumah Sakit Ramah Anak" menurut Ida, RSUD Panembahan Senopati turut mendukung program Kabupaten Bantul sebagai kabupaten layak anak.

Selain itu, gerakan Sapa Ramah juga diharapkan dapat semakin meningkatkan mutu pelayanan RSUD bagi pasien. "Saya berharap agar RSUD Panembahan Senopati menunjukkan komitmen yang nyata untuk meningkatkan keselamatan dan kualitas asuhan, memastikan bahwa lingkungan pelayanannya aman dan rumah sakit senatiasa mengurangi resiko bagi para pasien dan stafnya," kata Ida, Sabtu (29/3).

Seperti diberitakan sebelumnya, untuk mendukung RSUD Panembahan Senopati sebagai RS Ramah Anak, pihak RS telah menyiapkan ruang bermain dan sebuah perpustakaan di bangsal Anggrek yang merupakan bangsal khusus anak-anak. Untuk koleksi bukunya, pihak RS telah bekerja sama dengan Perustakaan Umum Daerah (Perpusda) Kabupaten Bantul.

Dr I Wayan Sudana, Direktur RSUD Panembahan Senopati menjelaskan, rumah sakit ramah anak ini bertujuan agar anak-anak dapat memperoleh pelayanan yang menyenangkan bagi mereka. Ruang bermain dan juga perpustakaan diharapkan dapat menghilangkan rasa jenuh anak saat dirawat di RS.

Ia menambahkan, kunjungan pasien ke Panembahan Senopati sepanjang tahun 2013 juga meningkat dibanding sebelumnya. Pasien rawat jalan mengalami kenaikan sekitar delapan persen dan rawat inap meningkat 14 persen dari tahun 2012.

Sedangkan kunjungan perhari rata-rata 679 orang atau
meningkat 9,5% dari tahun sebelumnya. Adapun jenis layanan Panembahan Senopati meliputi 18 poliklinik, Instalasi Gawat Darurat (IGD), penunjang medik dan non medik, serta rawat inap sebanyak 300 tempat tidur.

"Tahun 2013 kami juga melakukan pembangunan secara fisik seperti pembangunan instalasi pengolahan air limbah (IPAL), gedung poliklinik, serta doorloop. Tahun ini kami akan menambah gedung rawat inap dua lantai dan penyelesaian gedung ponek sehingga kami berharap tahun 2015 siap untuk pengembangan pelayanan rawat inap bedah dan kamar operasi," kata dr Wayan.

Beberapa hal yang dilakukan tersebut merupakan upaya Panembahan Senopati untuk persiapan menuju akreditasi RS versi 2012 yang akan dilaksanakan tahun ini. Akreditasi RS versi 2012 memiliki tiga poin penting yaitu penurunan angka kematian bayi dan peningkatan kesehatan ibu, penurunan angka kesakitan HIV/Aids, serta penurunan angka kesakitan TB. (say).

Skandal Kuliner Terkait :
Bakpia Tidak Asli Merajalela di 7 Titik Penting di Yogya


Anda sedang membaca artikel tentang

11 Tahun, RSUD Panembahan Senopati Tingkatkan Mutu Layanan

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2014/03/11-tahun-rsud-panembahan-senopati.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

11 Tahun, RSUD Panembahan Senopati Tingkatkan Mutu Layanan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

11 Tahun, RSUD Panembahan Senopati Tingkatkan Mutu Layanan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger