Polres Kulonprogo Akan Tindak Tegas Konvoi Kampanye Tak Berijin

Written By Unknown on Jumat, 17 Januari 2014 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, Singgih Wahyu Nugraha

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO - Kepolisian Resor Kulonprogo menyatakan akan mengambil langkah tegas terhadap peserta kampanye Pemilu 2014 yang menggunakan kendaraan tak sesuai spesifikasi resmi. Selain itu, segala bentuk konvoi kendaraan yang tak berizin juga akan ditindak tegas.

Kapolres Kulonprogo, AKBP Johanes Setiawan Widjanarko mengatakan pihaknya tidak membenarkan peserta kampanye berkonvoi menggunakan kendaraan bermotor yang tak sesuai aturan. Misalnya dengan knalpot blombongan, tanpa spion, tanpa mengenakan helm ataupun menggunakan roda kecil. Selain itu, konvoi kendaraan roda dua ataupun roda empat dalam rapat umum atau rapat terbuka partai politik juga tidak dibenarkan. Kecuali dari titik kumpul sampai tempat kegiatan dilaksanakan.

"Selain membahayakan diri sendiri juga akan membahayakan keselamatan para pengguna jalan lainnya," kata Setiawan di sela sosialisasi tata cara pemberitahuan dan penertiban surat tanda terima pemberitahuan kampanye Pemilu Legislatif 2014 kepada pengurus partai politik di aula Mapolres Kulonprogo, Kamis (16/1/2014).

Pun untuk kegiatan konvoi tersebut harus dikoordinasikan dengan kepolisian supaya ada pengawalan dari petugas. Dia mengatakan, mekanisme kampanye Pemilu 2014 terutama yang berbentuk rapat umum atau rapat terbuka dalam pelaksanaannya disesuaikan dengan ketentuan berupa Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) maupun Peraturan Kapolri Nomor 6 Tahun 2012partai politik juga harus memberitahukan rencana kegiatan partai paling lambat satu minggu sebelum pelaksanaan.

"Pemimpin/pengurus parpol dengan Polri dan KPU harus ada komunikasi dan koordinasi intensif demi suksesnya pelaksanaan Pemilu 2014," kata dia.

Setiawan mengatakan, sosialisasi ini diharapkan bisa menghindarkan terjadinya gesekan-gesekan antarpartai politik ataupun internal parpol itu sendiri. Hal ini untuk menghindari sesuatunyang dapat memicu kerawanan atau situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang tidak kondusif.

Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kulonprogo, Puja Rasa Satuhu mengatakan sosialisasi ini dimaksudkan supaya Pemilu 2014 ini tidak hanya berjalan demokratis, jujur dan adil, tapi juga beradab.

Pengurus parpol dikumpulkan untuk diajak komunikasi dan sosialisasi pelaksanaan Pemilu di Kulonprogo.

"Kami dari Panwaslu dan KPU diundang untuk menyamakan persepsi supaya pemilu berjalan dengan baik," kata dia.(TRIBUNJOGJA.COM)


Anda sedang membaca artikel tentang

Polres Kulonprogo Akan Tindak Tegas Konvoi Kampanye Tak Berijin

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2014/01/polres-kulonprogo-akan-tindak-tegas.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Polres Kulonprogo Akan Tindak Tegas Konvoi Kampanye Tak Berijin

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Polres Kulonprogo Akan Tindak Tegas Konvoi Kampanye Tak Berijin

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger