Listrik Kerap Padam, Pengusaha Magelang Rugi Ratusan Juta

Written By Unknown on Rabu, 18 Desember 2013 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, Muhammad Fatony

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Magelang, meminta PLN setempat untuk segera membenahi proses pelayanan listrik yang dinilai kurang maksimal akhir-akhir ini. Pasalnya, dalam sepekan terakhir, listrik seringkali padam dan menimbulkan kerugian materi hingga ratusan juta, khususnya bagi kalangan pengusaha. Hal itu disampaikan Ketua Apindo Kota Magelang, Eddy Sutrisno, Selasa (17/12/2013).

Menurutnya, kerugian yang disebabkan padamnya listrik tersebut paling terasa oleh sektor usaha kecil, yang memang hanya mengandalkan tenaga listrik untuk usaha mereka.

"Jelas PLN di sini yang paling bertanggung jawab atas kerugian itu. Saya minta PLN bisa konsekuen apabila terjadi gangguan padam listrik," tegasnya.

Bahkan Eddy juga merasa perlu adanya pemberian kompensasi terkait kerugian yang disebabkan gangguang dari PLN tersebut. Ia menilai PLN tidak memberikan sikap keadilan kepada warga, karena tidak segera menyelesaikan gangguan yang mengakibatkan listrik padam di sejumlah kawasan yang ada Kota Magelang.

"Harusnya PLN adil. Jangan kalau masyarakat tidak membayar saja langsung diputus, tapi kalau PLN yang salah dibiarkan saja. Alasannya, perbaikannya sulit atau kendala teknis," sesalnya.

Eddy pun mendesak, PLN dapat meningkatkan strategi pelayanan, karena selama ini pembiayaan listrik juga telah mengalami kenaikan setiap tahun. Namun hal itu tidak dibarengi dengan pelayanan optimal, dan justru dinilai mengalami penurunan.

Ia juga meminta PLN bertanggung jawab atas kerugian yang diderita masyarakat, dengan memberikan kompensasi berupa pengurangan biaya listrik. Sebab, tidak sedikit sektor industri mengalami kerugian hingga ratusan juta, setiap ada pemadaman listrik.

"Konsekuensinya, PLN harus mengganti kerugian bersifat materi. Misalnya dengan memotong pembiayaan listrik, terserah mau pakai cara seperti apa. Yang jelas masyarakat harus merasakan secara riil tanggung jawab itu," tandas pria yang juga anggota komisi C DPRD Kota Magelang ini.

Dikonfirmasi terpisah, Manager PLN Area Magelang, Dwi Purnomo, mengatakan padamnya listrik beberapa kali itu terjadi murni karena gangguan teknis. Ia menjelaskan, ada kerusakan tiang listrik PLN akibat kecelakaan lalu lintas yang terjadi di kawasan Kebonpolo, Kota Magelang.

"Itu murni gangguan teknis, bukan pemadaman. Kalau pemadaman sudah pasti kami memberitahukan kepada masyarakat. Kami meminta maaf atas padamnya listrik ini," ujarnya singkat. (ton)


Anda sedang membaca artikel tentang

Listrik Kerap Padam, Pengusaha Magelang Rugi Ratusan Juta

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2013/12/listrik-kerap-padam-pengusaha-magelang.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Listrik Kerap Padam, Pengusaha Magelang Rugi Ratusan Juta

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Listrik Kerap Padam, Pengusaha Magelang Rugi Ratusan Juta

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger