Kecepatan Media Massa Dikalahkan oleh 9 "Jurnalisme Twitter" Ini

Written By Unknown on Rabu, 18 Desember 2013 | 11.22

TRIBUNJOGJA.COM - Kiriman informasi yang berasal dari para pengguna twitter di seluruh dunia, kerap kali mengalahkan kecepatan penyajian berita di media massa baik itu televisi, online, radio apalagi untuk berita versi cetak. Wajar karena informasi yang ditulis itu bisa dibuat oleh siapapun tanpa harus terbentur oleh etika jurnalistik. Sehingga tak jarang banyak informasi hoax atau bohong yang menyebar di dunia sosial. Selain itu, kecepatan menulis tweet juga tidak serumit menulis berita yang harus memerlukan konfirmasi mengenai fakta yang terjadi di lapangan.

Namun, sembilan tweet berikut, benar-benar menyajikan peristiwa dan fakta yang mengalahkan kecepatan berita di media dalam hal menyajikan informasi. Semua tweet ini ditulis oleh orang yang mengalami langsung peristiwa tersebut dan saat itu juga. Beberapa diantaranya bisa menjadi berita kategori ekslusif untuk media.

1. Pengumuman Royal Weeding
16 november 2010 pukul 6.04 pagi, akun twitter @clarenceHouse untuk pertama kalinya mengumumkan tentang perhelatan akbar pernikahan kerajaan inggris.

2. Gempa Bumi di China
Akun Twitter @dtan untuk pertama kalinya menyebarkan informasi mengenai peristiwa gempa bumi yang menghantam China. Tweet tersebut dikirimkan pada tanggal 12 Mei 2008 pada pukul 1.37 siang. "EARTHQUAKE in Beijing?? Yup...@keso I Felt it too!!" demikian isi tweet tersebut sementara saat itu belum ada satu pun media yang memberitakan peristiwa tersebut. Bahkan tweetnya ini lebih cepat dari informasi resmi yang dilaporkan oleh United States Geological Survey. Si pemilik akun, saat itu terus mengirimkan tweet yang ia peroleh dari para korban di lapangan.

3. Kematian Whitney Houston
Akun Big Chorizo yang beralamat di @Chilemasgrande menjadi orang pertama yang menuliskan informasi tentang kematian diva pop dunia Whitney Houston. "My sources say Whitney Houston found dead in Beverly hills hotel..Not in the news yet!!" demikian isi tweet yang dikirimkan pada 12 Februari 2012 pada pukul 7.30 pagi. Selain menginformasi berita kematian Whitney yang ia peroleh dari sumbernya, ia juga memastikan bahwa informasi tersebut belum disiarkan oleh media manapun.

4. Kecelakaan pesawat di Sungai Hudson
Ini merupakan contoh nyata bagaimana jurnlisme publik begitu memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penyebaran informasi. Kecelakaan pesawat yang terjadi di Sungai Hudson, kali pertama dilaporkan oleh pengguna twitter yang beralamat di @jkrums. Ia juga menyertakan foto yang diambil langsung dari tempat kejadian. "There's plane in the Hudson. I'm on the ferry going to pick up the people. Crazy" tulisnya dalam tweet yang dikirimkan pada tanggal 15 Januari 2009 pada pukul 8.36 malam.

5. Talkshow kandidat calon presiden Newt Gingrich's
Newt Gingrich's mengumumkan jadwal talkshow dirinya terkait pencalonannya sebagai Capres Amerika Serikat dari Partai Republik. Tweet dikirimkan olehnya pada tanggal 9 Mei 2011.

6. Penangkapan Osama bin Laden
Tweet ini sempat menggemparkan dunia lantaran menguak apa yang sebenarnya tengah terjadi di Abbottabad pada pukul satu dinihari. Ia membuat live-tweet mengenai penangkapan yang dilakukan oleh tim elit rahasia Navy Seal ke lokasi yang diduga menjadi tempat persembunyian gembong teroris paling dicari tersebut. Hebatnya, tweet pertama yang ia kirimkan ini sembilan jam lebih cepat sebelum seluruh media di dunia ini ramai memberitakannya. "Helicopter hovering above Abbottabad at 1Sm (is rare event)" demikian isi tweet yang ia kirimkan pada tanggal 2 Mei 2011 pada pukul setengah tiga dinihari.

7. Pemboman Boston
Berita mengerikan terkait pemboman di acara lari marathon di Boston pertama kali disampaikan oleh seseorang yang berada tak jauh dari garis finish. Saat itu ia mengunggah foto ledakan tak lama setelah terjadi pemboman tersebut. Sayangnya, kemudian infomasi itu banyak simpang siur. Tak sedikit diantaranya yang meretweet informasi yang salah.

8. Gempa bumi di Virginia
Informasi gempa bumi yang menghantam Virginia pada 24 Agustus 2011 dengan cepat menyebar di twitter. Kali pertama, informasi ini disebarkan oleh Andi Carvin yang beralamat di @acarvin dari Washington DC. Tweet ini lebih cepat 30 detik sebelum orang-orang di New York merasakan rambatan gempa itu sendiri dan tentu saja, tweet ini menjadi yang pertama sebelum ada satu media pun yang memberitakannya. Setelah itu, atau sekitar satu menit setelah gempa, sudah ada sekitar 40 ribu tweet yang tersebar di twitter.

9. Pengumuman IPO twitter
Twitter mengumumkan penawaran umum saham perdananya atau IPO pada 13 September 2013 pukul empat dini hari. Tweet ini dibuat lebih cepat daripada informasi resmi yang mereka keluarkan melalui siaran pers.(mashable)


Anda sedang membaca artikel tentang

Kecepatan Media Massa Dikalahkan oleh 9 "Jurnalisme Twitter" Ini

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2013/12/kecepatan-media-massa-dikalahkan-oleh-9.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kecepatan Media Massa Dikalahkan oleh 9 "Jurnalisme Twitter" Ini

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kecepatan Media Massa Dikalahkan oleh 9 "Jurnalisme Twitter" Ini

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger