Jauhi Cemburu Bila Ingin Hidup Lama

Written By Unknown on Minggu, 01 Desember 2013 | 11.22

TRIBUNJOGJA.COM - Mungkin belum banyak yang tahu siapa itu Li Ching-Yuen. Dia adalah ahli bela diri sekaligus herbalis asal Sichuan, Cina. Beberapa data menyebutkan, Ching-Yuen lahir pada 1677, tapi dia membantahnya dan mengaku lahir pada 1736.

Jikapun yang dihitung adalah 1736, pria yang pernah berkelana ke Tibet, Annam, Siam, hingga Mancuria untuk mengumpulkan tanaman obat ini tetaplah luar biasa. Sebab dia meninggal pada 1933 atau berumur 197 tahun! Dan, kalau yang dihitung berdasarkan konfirmasi sebelumnya, berarti Ching-Yuen telah menempuh hidup 256 tahun.

Sepanjang hidup, Ching-Yuen telah menikahi 23 perempuan, memiliki anak dan cucu hingga 11 generasi yang berjumlah sekitar 200-an. Walau berumur ratusan tahun, menurut pandangan orang-orang di sekitarnya wajah dan tubuh Ching-Yuen masih mirip orang 60 tahunan. Dia juga gemar memelihara kuku yang panjangnya mencapai 15 cm.

Orang yang percaya bahwa Li berumur 256 tahun adalah Wu Chung Chieh. Sebab profesor dari departemen pendidikan universitas Chengdu itu secara tak sengaja menemukan sebuah catatan peninggalan kerajaan Cina di masa dinasti Qing. Catatan tersebut berisi ucapan selamat untuk Ching-Yuen atas ultahnya ke-150. Ucapan selamat itu diberikan pada 1827. Jika merujuk pada surat tersebut, pada saat Ching-Yuen meninggal dunia pada 1933, maka dia berumur 256 tahun.

Tentu saja, tidak semua orang percaya akan kisah hidup atau keberadaan Ching-Yuen. Sebagian menyebutnya sebagai hoax atau berita bohong. Pasalnya, tidak ada penelitian resmi terhadap Ching-Yuen. Meski begitu, sebagian orang yang lain justru sangat mempercayai bahwa Ching-Yuen benar-benar ada.

Mereka punya dasar karena pada saat kematiannya, ucapan dukacita untuk Ching-Yuen dipublikasikan oleh media-media ternama dunia, termasuk The New York Times dan Times Magazine. Bahkan artikel tentang Ching-Yuen sampai saat ini masih bisa dibaca di situs The New York Times sebagai salah satu artikel berbayar.

Sebelum meninggal, Ching-Yuen pernah ditanyai tentang resep panjang umurnya. Dia menjawab lugas, "Milikilah hati yang selalu tenang, duduklah seperti kura-kura, berjalanlah seperti merpati, dan tidurlah seperti anjing."

Saat ini banyak analisis yang membedah resep panjang umur Ching-Yuen. Sebagian besar berkesimpulan, hidup sehat dan panjang umur pria yang pernah menjadi tentara dan penasihat militer kerajaan Qing ini adalah kemampuannya dalam menjaga hati.

Salah satunya adalah situs Virsmai.com. Mereka menyebut bahwa rahasia awet muda Ching-Yuen adalah pola hidupnya, terutama pola berpikir. Sebab, sesungguhnya, sekitar 70% penyakit yang menyerang tubuh asalnya dari pikiran atau emotional stress. Sebutan lainnya adalah psychosomatic illness.

Berdasarkan penelitian hal-hal yang yang sering bersemayam di pikiran dan hati kita rentan mengundang penyakit. Berikut beberapa contohnya.

1. Cemburu: melemahkan sistem kekebalan tubuh
2. Berbohong: menyebabkan kecanduan alkohol
3. Kekejaman: menyebabkanasma dan anemia
4. Putus asa: menyebabkan diabetes
5. Keserakahan: menyebabkan obesitas dan serangan jantung
6. Kegelisahan:mengganggu pencernaan, jantung, dan kulit. Dll. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Jauhi Cemburu Bila Ingin Hidup Lama

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2013/12/jauhi-cemburu-bila-ingin-hidup-lama.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jauhi Cemburu Bila Ingin Hidup Lama

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jauhi Cemburu Bila Ingin Hidup Lama

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger